Padamu Negeri (Refleksi Dirgahayu RI Ke-64)

bannerhutri400px

Padamu Negeri Kami berjanji

17 Agustus 2009 merupakan hari sakral bagi bangsa Indonesia karena Negara kepulauan ini merayakan kemerdekaannya yang ke 64.

Sebelum memperingati hari kemerdekaan ini banyak sekali cobaan yang mendera bangsa Indonesia mulai dari bencana alam, goncangnya ekonomi dunia yang berimbas pada naiknya harga bahan kebutuhan pokok dan yang terakhir adanya ancaman dan teror lewat bom bunuh diri yang mengakibatkan korban jiwa dan materi. Harga diri bangsa kita benar-benar dipertaruhkan di mata dunia.

Sebelumnya, kita baru usai melaksanakan pemilihan umum yang menjadi perhelatan akbar nasional, mulai dari pejabat tinggi baik di tingkat daerah hingga nasional akan dilantik, termasuk juga Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang direncanakan akan dilantik pada bulan kemerdekaan ini. Digedung megah yang dibangun dari uang rakyat, mereka akan meretas sumpah jabatan.

Sumpah adalah janji yang sungguh-sungguh atas nama Tuhan. Mereka bersumpah di bawah kitab sucinya. Bersumpah untuk setia kepada Negara Republik Indonesia, bersumpah untuk bekerja jujur, tidak KKN dan tidak menggadai kepentingan Negara demi kepentingan pribadi. Tentunya setiap apa yang mereka sumpahkan akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan dan seluruh rakyat Indonesia yang telah mengamanahkan tanggungjawab kepada mereka.

Kita tentu mendoakan dan harus mendukung agar mereka benar-benar teguh menjalankan amanah dan menjadi penyambung lidah rakyat. Sehingga apa yang mereka laksanakan benar-benar murni untuk kepentingan terbaik bagi rakyat Indonesia yang berkeadilan sosial dan dapat mewujudkan negeri yang gemah ripah loh jinawi.

Padamu Negeri Kami Berbakti

Bangsa Indonesia yang dijajah selama berabad-abad, dirampas kekayaan alamnya, dieksploitasi tenaga dan pikiran rakyatnya adalah untuk kepentingan penjajah semata. Pengalaman pahit saat dijajah secara militer oleh Portugis, Jepang, Belanda dan sekutunya tidaklah lagi kita rasakan saat ini. Malah hari ini kita bisa menikmati kemerdekaan ini dengan berbagai aktivitas yang kita jalani.

Namun apalah artinya jika kita hanya menikmati tanpa berbuat sesuatu yang positif untuk mengisi kemerdekaan ini. Generasi bangsa yang sadar akan cita-cita bangsa tidaklah berpangku tangan, namun ia akan mengerahkan segenap jiwa dan raganya untuk bangsa ini, berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbakti kepada nusa bangsa dengan cara mengorbankan sesuatu lewat tenaga, pikiran dan harta bendanya untuk masyarakat, untuk kemakmuran bangsa Indonesia. Bukan malah menggerogotinya dengan menjadi generasi yang malas dan bodoh.

Padamu Negeri Kami Mengabdi

Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan saat ini bukanlah didapat dengan mudah semudah membalik telapak tangan, tapi ada jutaan nyawa yang melayang untuk menebusnya. Sejarah telah memberikan pelajaran penting pada kita bahwa kemerdekaan itu mahal harganya.

Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini adalah buah dari perjuangan  para pendahulu kita. Buah inilah yang kita kecap sehingga negeri ini sedikit demi sedikit sejajar dengan Negara lain, membangun ekonomi, budaya dan politiknya hingga turut dalam percaturan politik dunia.

Negeri kita belumlah mandiri sehingga butuh generasi yang dapat mengisi kemerdekaan. Kita harus mengabdi untuk negeri ini, pengabdian adalah bentuk kecintaan kita pada negeri ini. Mengabdi bukan berarti menjadi budak melainkan melakukan pekerjaan dan jabatan tidak hanya semata-mata untuk memenuhi ambisi pribadi dan keluarga, namun hendaknya diniatkan dan dipersembahkan bagi kepentingan bangsa dan kemajuan negeri ini untuk meraih martabat yang tinggi di mata dunia.

Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami

Apa yang bisa kita lakukan untuk negeri ini? Apa yang harus kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan? Apakah dengan melakukan perlombaan tujuhbelasan, memotong nasi tumpeng, mengibarkan bendera merah putih, menyanyikan lagu-lagu perjuangan kita telah dianggap mengisi kemerdekaan, apakah itu tujuan kemerdekaan sesungguhnya yang telah diperjuangkan para pendahulu kita?

Penjajah sudah tidak ada lagi, namun hakikat kemerdekaan sesungguhnya belumlah kita nikmati. Kita harus terus berjuang dan mengisi kemerdekaan ini dengan cara yang berbeda seperti yang dilakukan pendahulu kita.

Tujuan kemerdekaan seperti yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945 belum sepenuhnya kita rasakan. Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan melaksanakan ketertiban dunia. Itulah cita-cita tertinggi bangsa Indonesia dan kita sebagai generasi penerus mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan cita-cita mulia tersebut.

Sebagai generasi muda, marilah kita jadikan peringatan hari kemerdekaan yang kita gaungkan ke penjuru dunia setiap tanggal 17 Agustus menjadi momentum untuk kembali merenungkan hakikat kemerdekaan sesungguhnya. Mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan-kegiatan positif adalah seminimal cara yang bisa kita lakukan.

Kita tentu tidak ingin lagi mendengar ada pulau kita yang dicuri, budaya kita yang diklaim oleh bangsa lain, orang-orang yang berprestasi dan pintar satu demi satu hijrah ke negara lain. Kita ingin negeri ini dihargai, dihormati dan tidak dipandang remeh negara lain. Semua itu adalah pekerjaan rumah Pemerintah dan rakyat Indonesia. Dan kita menjadi bagian didalamnya.

Mari mengisi kemerdekaan ini dengan menumbuhkan kecintaan kita terhadap ilmu pengetahuan, meningkatkan sumber daya kita, melaksanakan tugas dan pekerjaan sepenuh hati dan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri dan keluarga, bagi masyarakat sekitar serta bagi perkembangan bangsa ini.

Dirgahayu Republik Indonesia ke- 64 Saatnya kita bersatu, bangkit dan maju…

Hidup Indonesia…  MERDEKA!!!

Iklan

62 Tanggapan

  1. halo salam kenal, nice blog!
    ditunggu ah kunjungan balik. Salam. 🙂

    salam kenal kembali, tapi url nya gak lengkap tuh, jadi bingung mau kunjungan balik kemana… 🙂

  2. Kita mengabdi untuk bangsa… nggak kerja diluar negeri.. tapi nggak papa sih kerja di luar, asalkan uangnya ke indonesia

    kalo TKI iya, devisanya banyak, tapi atlet-atlet kita itu loh, yang hijrah dan membela negara lain

  3. negara yang kuat terdiri dari masyarakat yang kuat, masyarakat yang kuat terdiri dari keluarga yang kuat, keluarga yang kuat terdiri dari individu yang kuat.

    baru negara kita jadi super power ya

  4. delapan windu merdeka dan tetap merdeka

  5. merdeka-merdeka!!!

  6. MERDEKA

    lanjutkan perjuangan bangsa Indonesia..!!!!

  7. semoga kita masih tetap mencintai bangsa ini ya Bang..MERDEKA…!!!

    -salam- ^_^

    harus itu bro,,, 😀

  8. Merdeka, Jay..! semoga selalu bermanfaat, buat diri, keluarga, dan bangsa.., amin

    terima kasih doanya bundo

  9. Assalamu’alaikum,
    Marilah kita bersama-sama melakukan hal yang bermanfaat untuk negeri tercinta ini. Mulailah dari hal terkecil, dari diri sendiri dan mulailah dari lingkungan keluarga kita serta lingkungan terdekat. Insya Allah bila semua individu bangsa Indonesia serentak mempunyai kesadaran dan kemauan bersama untuk memajukan Indonesia, pasti berhasil.
    (Dewi Yana)

    Sepakat… semoga rahmat Allah tercurah buat Indonesia.

  10. Salam hormat, Salam D3pd, ^_^…V chayoo

  11. hai, posting yang bagus, sorry ngikut thread komentar ini sbg salam perkenalan… sy Agus Suhanto

    salam kenal kembali ya…

  12. LANJUTGAN!

  13. Yah…sekarang yang penting, apa yang dapat kita perbuat untuk negeri tercinta ini 🙂
    Terima kasih postingnya bagus banget…. 🙂

    tuing 🙄

  14. Hebat..
    LanjutGan
    Merdeka

    apanya yang hebat 🙄

  15. Salam Merdeka Juragan..
    Sekali Merdeka tetap Merdeka..
    Merdeka Untuk Selama-lamanya
    Jayalah Bangsaku..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/16/bangsaku-indonesia-namanya-bangsamu-apa-namanya/

  16. Sebuah tulisanpun sebagai kontrubusi untuk bangsa .Ini mengingatkan kita agar kita mampu menjadi kontrobutor untuk negri ini. Sebuah tulisan yang bagus. aku belom bisa nulis seperti ini. Dengan membacanya pasti banyak yang tergugah Salam perjuangan.Merdeka tak pernah mati

    biasa aja bro, cuma curhatan 17an aja 😀

  17. merdeka…, dirgahayu RI…

  18. semoga indonesia bisa menjadi yang lebih baik 😛

    amin 🙂

  19. MERDEKA om …..

    hiii, ada ponakan baru… 😀

  20. haddiirrr…..
    malam2 gini, jalan2 menyambangi sahabat tersayang…, minta nasinya dong, laperr.. euy..

    hhmmm.. mantapp gan… sekarang tinggal kita bersungguh2 membangun negeri ini

    cu…

    udah abis kang, tinggal keraknya, hahaha

  21. Indonesia maju dan jaya, janji hati dan jiwa raga, menuju bangsa yang makmur aman sentosa. majulah Indonesia.

    Aminnn

  22. Kalau bukan kepada Indonesia pada siapa kita meng-ABDI-kan diri ? Maka JAYA-lah Indonesia. Salam Kenal.

    hahaha… bisa aja kamu bro… salam kenal kembali

  23. Kunjungan pertama dan salam kenal,
    Bagimu negeri jiwa raga kami…mari kita isi kemerdekaan dengan ilmu yang kita miliki. Salam.

    salam kenal kembali

  24. MERDEKAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA………!!!!! emang beneran ya udah merdeka…?!!!!

    tergantung merdeka yang mana, 😀

  25. Selamat hari kemerdekaan buat semuanya.muda2han mereka2 yg di berikan kepercayaan buat mengurus bangsa ini,bisa mengoptimalkan atau membangun negri ini,biar kesejahtraan tercapai.

    iya bang, kita dukung terus pemimpin kita, semoga amanah

  26. Ya, tanpa terasa negara kita ini sudah hampir 64 tahun berada dalam alam yang merdeka. setiap tahun pula kita selalu memperingatinya. Namun, bangsa ini tidak sekedar butuh seremonial semata. negeri ini mendambakan kemerdekaan yang seutuhnya. merdeka bukan sekedar dalam arti lahiriah, tetapi jauh lebih dalam daripada itu. Ingat, negeri ini sedang dilanda krisis multi dimensi. kita semua bertanggung jawab untuk mewujudkan apa yang telah diperjuangkan para pahlawan. sebab di tangan kita lah masa depan bangsa ini dipertaruhkan!
    Iklan Baris Gratis

    siap, mari kita memperbaiki diri kita untuk menuju masyarakat yang sejahtera

  27. Kemerdekaan menjadi topik paling hot saat ini. Seremoni tahunan yang selalu meriah dengan kibaran bendera dan karnaval2 jalanan. Pastinya selalu menggugah semangat nasionalisme kita.

    Salam kenal. Mampir ke blog kami.

    semoga seluruh rakyat menikmati seremonial kemerdekaan ini dengan suka cita, salam kenal juga,

  28. dirgahayu Republik Indonesia, semoga semakin jaya..

  29. Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  30. Bang Jaya, saya mohon maaf lahir bathin atas segala kata2 yg kurang berkenan.
    Selamat menunaikan ibadah puasa.
    Semoga Allah swt meridhai amal ibadah kita, amin.
    Salam.

  31. Merdeka…

    *maaf mas saya nggak bisa bikin related psot.. itu udah ada sendiri*

  32. selamat hari kemerdekaan…..
    salam kenal

  33. haddiirrrr….
    siang siang mengunjungi sahabat, mengharap kemurahan hati sahabat tuk sekedar memaafkan segala kesalahan yang telah aku perbuat.
    Mari kita luruskan niat, sucikan hati, semoga Ramadhan dapat mengantar kita kembali fitri
    cu….
    note: sorry.., komenx-nya ntar aja ya…..

  34. MERDEKAAA!!! cari lagu yang pendek ya bang? hehehehe

    hahaha… biar pendek tapi berisi diaz 😀

  35. 1X merdeka tetap merdeka sampai kapan pun tetap merdeka..,

  36. Marhaban Ya Ramadhan..Mohon maaf bilamana Ada kata-kata yang menyinggung ataupun menyakiti baik sengaja ataupun tidak disengaja..mari sambut Ramadhan ini dengan hati yang bersih 😀

  37. mau minta maap sebelum puasa… 🙂

  38. Minal Aidzin Wal Faidzin..

    Mohon maaph lahir dan batin

  39. masalah curi-curi budaya, saya jadi ingat..
    waktu ribut tentang lagu Rasa Sayange diklaim sebagai milik Malaysia, banyak orang Indonesia yang protes.

    Tapi sedikit sekali yang benar-benar hapal tuh lagu.. Jadi, wajar toh kalau dicuri orang? Yang punya aja gak hapal..

  40. Hadir, walau terlambat saya juga angkat kepalan tangan sebelah kanan ke atas, dan berteriak keras, MERDEKA!

  41. apapun kata orang, saya tetep bangga jadi orang Indonesia

  42. hadir, jack
    setelah lama menghilang…
    artikel yang mantabs, cukup dengan lirik lagu Bagimu Negeri sudah cukup bisa menuangkan kewajiban kita sebagai generasi pembangun negeri ini untuk tetap berjalan pada track yang seharusnya.
    mantabs.
    dirgahayu republik indonesia (dirgahayu ki opo sih?)

  43. Kita kembalikan bangkitkan nilai-nilai luhur bangsa dan kultur bangsa Indonesia, yang jelek kita buang, yang baik kita bina dengan diktat-diktat ala Indonesia.
    Merdeka…haruslah mulai dari mental, dari jiwa yang membara, maka fisik pun akan bangkit memerdekakan diri, memerdekakan rakyatnya juga.

  44. tanjung katung airnya biru
    tempat anak mencari ikan
    ramadhan datang di hari sabtu
    salah dan silap mohon dimaafkan

  45. semoga kita benar2 merdeka
    Aminnn
    !!!

  46. Semoga tak ada lagi padamu negeri kami menggerogoti………….dengan teror-teror,korupsi,atau perbuatan-perbuatan lain yang tak berkontribusi terhadap kemajuan bangsa…

  47. padamu negeri…
    …jiwa raga kami.

    (betulkah?)

  48. haddiiirrr….
    malam2 mengunjungi sahabat… hhmm… ada kopi hangatkah untukku…????

    bro… mari kita bangun negeri ini dengan semua kemampuan yang kita miliki….
    moga menang ya…

    cu…

  49. Masih di tmpat?

    Met brpuasa ya bro
    smoga mendapat ridhanya
    amin!

  50. semoga kecintaan kita pada tanah air bukan sekedar kata. tapi adalah do’a agar kita mampu mempersembahkan yang terbaik kepadanya

  51. Para Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  52. mederkaaaa… & pisssss…. stop bom!

  53. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  54. Apa makna kemerdekaan yang hakiki? Mau tanya lagi, itu kok bannernya kok lomba blog telkomsel?

    iya nih ikutan lomba

  55. sukses selalu, jaya Indonesia

  56. SELAMAT OM UDA MENANG

    alhamdulillah, makasih infonya ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: