Tips Beribadah ke Mesjid dengan Nyaman

Ramadhan bagi orang yang beriman laksana ladang amal yang ditanami dengan benih-benih kebajikan dan akan menuai hasil panen yang melimpah di dunia dan akhirat.

Banyaknya umat Islam yang berbondong-bondong meramaikan mesjid di bulan ramadhan seperti sudah menjadi tradisi. Sayangnya, hal positif ini hanya berlangsung di bulan ramadhan saja. Begitu ramadhan pergi. Mesjid pun kembali sepi.

Kenapa ya, barangkali nilai ketakwaan yang disebutkan dalam surat al-Baqarah ayat 138 itu tidak terejawantahkan dalam jiwa sehingga ramadhan hanya dianggap seperti hari-hari besar lainnya. Berlalu tanpa meninggalkan bekas pada dirinya untuk menghiasi hari berikutnya seperti di bulan ramadhan.

and… Baca lebih lanjut

Tips Berbohong yang Sukses

pinokioWaktu ngadain acara Peer Counselor Training buat anak-anak sekolah tingkat SMP & SMA aku mendapatkan sedikit ilmu tentang tipu menipu. Walau ilmunya sedikit beraura negatif, tapi ilmu tipu-menipu ini bukan termasuk ke dalam ilmu hitam lho.

Biar lebih enak dibaca, mending diperhalus aja jadi tips berbohong. Tips berbohong ini diajarkan salah satu pemateri dalam training itu. Awalnya judul materinya adalah komunikasi non verbal, tapi akhirnya diujung waktu, beliau memberikan makanan penutup berupa tips berbohong.

Tips ini pun sebenarnya diberikan untuk anak-anak yang berbohong alias ngeles dari orangtuanya. Artinya tips ini hanya untuk kebohongan-kebohongan ringan. (Parah… koq ada bohong ringan. Bohong kakap gimana pulak lagi, mungkin kayak caleg-caleg yang nggak kepilih itu lah).

Tips berbohong yang sempat kutangkap di sela-sela aku mendokumentasikan kegiatan itu antara lain: Baca lebih lanjut

Tips Mencegah Kemalingan Sandal

ghazyan

ghazyan

Aku dan empat temanku baru saja menyelesaikan kewajiban sebagai seorang laki-laki muslim, yaitu solat jumat. Begitu selesai, kami langsung menuju mobil untuk kembali ke kantor. Tapi salah seorang teman belum muncul juga. Kemana ya…

Tidak berapa lama muncullah dia dengan muka mesem… loh, koq udah kaki ayam???

“Kemana sandalnya Yat?” Tanyaku

“Rupanya ada maling sandal di sini.” Jawabnya singkat.

Mulia juga hati temanku Dayat. Barangkali kalau orang lain, mungkin sudah menukarnya dengan sandal yang lain.

“Koq gak ambil sandal yang lain aja Yat, yang agak mirip-mirip dengan sandalmu.” Tanyaku lagi (pertanyaan menjerumuskan…)

“Iya… sih, tapi sandalnya jelek semua. Mending gak usah diambil.”

Nah lho…

Fasilitas umum memang menjadi sasaran empuk bagi para maling sandal, biasanya mereka mengincar sandal jamaah yang berjubel saat pelaksanaan solat jumat dan tarawih. Menurut salah seorang sumber yang dapat dipercaya, pencuri sandal biasanya ikut solat (dengan niat mencuri tentunya), setelah imam mengucapkan salam, ia cepat beringsut dan berlalu meninggalkan mesjid dengan sandal baru (red. curiannya).

Karena asyik membicarakan kasus kehilangan sandal yang pernah kami alami akhirnya masing-masing punya tips agar sandal aman dari pencurian, sekaligus membuat maling sandal kehilangan mata pencahariannya.

Tips-tips agar sandal aman saat melaksanakan solat menurut teman-temanku: Baca lebih lanjut