Mimpi Buruk

Ketika tidur kita akan mengalami peristiwa yang aneh, mimpi. Ada mimpi indah dan ada mimpi buruk. Kita tidak dapat memilih antara keduanya ketika hendak tidur bahkan ketika tidur. Namun kita bisa mencegah mimpi buruk datang, yaitu dengan cara tidak tidur.

Mimpi buruk katanya tidak boleh diceritakan. Mimpi indah barulah boleh. Kalau saya malah sering lupa. Kecuali mimpi buruk yang membuat sampai terjaga biasanya akan selalu teringat. Seandainya aja kita bisa mengatur mau mimpi apa malam ini, tentu kita akan selalu mengarang mimpi-mimpi yang indah. Mau mimpiin artis idola, orang yang kita suka atau mimpiin kota-kota atau tempat favorit yang belum pernah dikunjungi. Terserah apa saja dan kita pun menikmatinya di alam mimpi.

Mimpi terkadang menyimpan rahasia kehidupan yang ada hubungannya dengan masa depan. Jika engkau ingat mimpimu, catatlah agar esok dan seterusnya engkau masih tetap mengingatnya, maknailah mimpi yang engkau alami itu karena pada suatu hari kamu akan mengalami sebuah kejadian yang ada hubungannya dengan mimpi itu. Kamu akan mengatakan “Sepertinya ini ada hubungannya dengan mimpi kemarin.”

Saya pernah mengalami mimpi yang sepertinya Baca lebih lanjut

Karangan Bunga tak Bermakna

Di bulan ini, ada begitu banyak bencana yang menyambangi Indonesia, ini benar-benar menjadi Oktober kelabu yang nyanyiannya terngiang dari Wasior, Merapi hingga Mentawai…

Ada banyak ungkapan belasungkawa untuk Indonesia dari pemimpin-pemimpin negara lain, ada pula ungkapan belasungkawa yang mengalir bagi para korban bencana.

Lihatlah karangan bunga berjejer sepanjang jalan di setiap rumah duka. Dari si Fulan, si Ini, si Itu… dan tak terhitung lagi nama-nama beken dengan jabatan mentereng terpampang dan tersusun indah dari hiasan bunga yang dirangkai sedemikian rupa.

Untuk apakah karangan bunga itu?

Coba tanyakan pada keluarga korban. Apakah mereka ingat siapa-siapa yang namanya tercantum di papan bunga itu. Apakah mereka punya waktu untuk membacanya atau jangan-jangan mereka sendiri masih buta aksara.

Mereka itu butuh Baca lebih lanjut

Yang Berubah di Ramadhan Tahun Ini

Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, ramadhan kali ini tidak begitu semarak.

Mesjid-mesjid begitu lebih cepat lengang ditinggal jamaah, mesjid yang mengadakan kegiatan buka puasa bersama semakin berkurang dan lebih banyak orang yang berkeliaran di jalan-jalan ketimbang memenuhi mesjid, bertadarus atau mendengarkan kuliah agama.

Sebanding dengan kondisi mesjid, orang-orang yang tidak berpuasa pun semakin mudah disaksikan. Kalau dulu orang Islam yang tidak berpuasa akan malu dan sembunyi-sembunyi untuk merokok atau mereguk minum, namun sekarang ceritanya beda, kita akan mudah menemukan kepulan asap rokok dari muncung-muncung sodara kita.

Saat saya dan teman-teman mudik dengan mengendarai L-300 dari Meulaboh, sang sopir dan keneknya tanpa sungkan menyulut rokok kreteknya dan menghembuskannya ke luar jendela. Mereka beralasan tidak tahan puasa apalagi tidak sahur, entahlah itu alasan yang sungguh-sungguh atau dibuat-buat yang pasti mereka sama sekali tidak memberikan penghormatan pada saudaranya yang berpuasa, apalagi mereka muslim. Yang lebih ironis lagi, mereka berhenti sejenak untuk membeli es campur dan diminum di dalam bus. Sungguh keterlaluan! Pengen rasanya mengeluarkan jurus samber geledek buat kedua orang itu.

Ternyata tantangan orang yang berpuasa tidak melulu dari syahwat dan nafsu, namun juga dari godaan syetan yang berwujud manusia, dan tentu saja godaan dari syetan berwujud manusia ini yang paling berat karena jelas secara kasat mata dan menjadi tantangan buat kita karena mereka juga objek dakwah. Nah, amar ma’ruf nahi munkarnya ini yang belum mampu dijalankan. Paling banter beraninya cuma nanya “kenapa gak puasa?” terus ngedumel dalam hati atau mendoakan mereka dan itu selemah-lemahnya iman.

Begitu pula saat di rumah kakak buat transit sebelum mudik ke kampung halaman. Tetangganya teriak-teriak ke pemilik warung yang juga bersebelahan dengan rumah kakak saya memesan indomie dan telur, saat itu memang jam makan siang. Benar saja, tak lama tercium bau masakan dari rumah tetangga itu. Ternyata tetangga kakak saya, satu keluarga tidak ada yang berpuasa. Tanya kenapa?

Dan herannya lagi (heran melulu ya) puasanya gak mau, lebarannya paling heboh. Seolah-olah yang wajib itu merayakan idul fitrinya, bukan puasanya. Padahal idul fitri itu sejatinya milik orang-orang yang berpuasa dimana setelah sebulan berjihad menahan lapar, dahaga dan mengendalikan nafsu selanjutnya adalah merayakan kemenangan dengan jiwa yang fitri. Nah, kalo yang gak berpuasa, harusnya malu untuk merayakan idul fitri karena sejatinya mereka masih dijajah nafsu alias belum merdeka.

Btw, idul fitri sudah menjelang, saya ucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh blogger yang mampir ke blog ini. Minal aidin wal faizin, kullu amin waantum bikhairin

Kalo Gak Jadi Mudik?

jack sedang memandang sesuatu

Lebaran sebentar lagi… Lagu itu sudah terngiang-ngiang di telinga. Tak terasa puasa begitu cepat berakhir (eh, ada yang seneng tuh puasa lekas berakhir, siapa lagi kalo bukan setan, ha…ha… glek).

Bagi insan-insan yang jauh dari kampung halaman seperti aku dan teman-teman, maka tradisi mudik akan segera kami jalankan. Semuanya pengen cepat-cepat mudik, maklumlah persiapan menyambut idul fitri. Ada yang mau belanja kebutuhan primer seperti pakaian dan ada juga yang udah sibuk nyusun planning buka bareng sama teman-temannya baik yang di kota maupun yang di kampung halaman dan ada yang udah pesan kue lebaran buat dibawa pulang ke rumah calon mertua.

Kalo tahun sebelumnya, mudik dilakukan biasanya 5 atau 4 hari menjelang lebaran, tapi tahun ini semua pengen mudik lebih cepat, jadi akhirnya semua bersepakat mudik tanggal 2. Artinya ada waktu seminggu untuk menjalankan rencana-rencana di atas itu tadi.

Eh tiba-tiba, mudik tanggal 2 batal.

Ternyata ada email dari kantor pusat yang luput untuk dibaca tertanggal 27 Agustus 2010 bahwa libur idul fitri tahun 2010 untuk kami dimulai tanggal 7 September 2010. Karuan aja wajah para calon pemudik ini pada kusut kayak plastik kresek.

Luputnya email ini karena dikirim ke alamat email yang dibuka seminggu sekali. Kecewa pastinya, tapi apa boleh buat, keputusan itu tidak dapat diganggu gugat. Cuma masalah baru pun muncul, tanggal 7 September, kendaraan travel untuk mengantarkan kami keluar dari provinsi Aceh ke Sumatera Utara sudah tidak beroperasi lagi. Ya Pak Sopir kan mau hari rayaan juga.

“Naik pesawat aja Jay…” saran temanku

“Gak mau ah, ntar jatoh pulak kena kabut asap gunung Sinabung.” Ngeles aja lah, mana ada lagi tiket pesawat udah tanggal segini. Lagian gak mau juga nanggung risiko lebaran jadi orang miskin, abis duitnya. Ha…ha…

Beginilah Baca lebih lanjut

Akibat Peterporn

virus ariel peterporn

Kadang terfikir juga untuk mengoret-oret tentang kasus terbesar tahun 2010. Kasus amoral yang menggoyang negeri yang dikenal dengan adat ketimurannya ini. Seorang penyanyi yang banyak digandrungi anak muda dan telah melahirkan berbagai prestasi untuk grup musiknya telah mengukir sejarah kelam bangsa ini lewat video mesumnya. Dialah si Ariel Peterpan yang sempat diplesetkan jadi Ariel Peterporn.

Bersama dua sekutunya, Luna Maya dan Cut Tari mereka telah ditetapkan jadi tersangka. Ariel mendekam di penjara, sedangkan dua lawan mainnya masih bebas berkeliaran. Sampai saat ini, baru Cut Tari yang mengaku bahwa dialah perempuan yang ada dalam video itu.

Video mesum ini memberikan dampak negatif yang sangat besar dan korban dari semua itu tentu saja anak-anak. Sudah berapa kasus perkosaan yang dialami anak-anak karena pelaku terinspirasi setelah menonton video mesum Ariel-Luna-Tari (ALT).

Tidak saja itu, banyak sekolah yang terganggu jam belajarnya karena dilakukan razia hanphone genggam mereka yang dikhawatirkan turut menyimpan video ALT dan video mesum lainnya. Begitu juga di kantor-kantor pemerintahan dilakukan kegiatan serupa.

Tidak tahu apakah hasilnya manjur atau tidak mengurangi konsumsi terhadap konten pornografi, tapi saya pesimis kalau kegiatan seperti itu bisa mengurangi dampak tersebarnya file setan itu, Setelah razia selesai maka aksi nonton dan mengunduh file-file porno akan berlangsung kembali selama pemerintah belum memblok situs-situs yang menyediakan kontent pornografi di Indonesia.

Sebenarnya, banyak remaja kita juga sudah terkontaminasi dengan kegiatan seperti yang dilakukan ALT. Batas minimalnya menurut saya, mereka mulai memasang foto-foto berdua dengan pacarnya di profil situs jejaring sosial seperti facebook.Entah itu foto saling merapatkan wajah, merangkul, hingga mencium. Tak ada rasa malu dan segan lagi, malah bangga kalau fotonya itu bisa dilihat teman-temannya.

Di ruang publik saja berani begitu. Apalagi di tempat tersembunyi. Entah apa yang mereka lakukan… Menyedihkan.

Kecewa Berlipat Ganda

Nggak nyangka, Spanyol bisa KO melawan Swiss. Padahal dari segi materi pemain, Spanyol lebih diunggulkan ketimbang Swiss, tapi yang namanya permainan pasti ada kalah dan menang, dan Spanyol akan belajar banyak dari pertandingan malam tadi.

Bagi yang mengidolakan Spanyol tentu merasa kecewa dan sedih. Saya yang ngefans sama Casillas juga kecewa, Casillas yang berupaya menghalau bola dengan kakinya justru malah membuat bola mental ke arah gawangnya yang langsung dicocor Fernandes menjadi sebuah kado pahit buat Tim Matador.

Kekecewaan saya juga menjadi berlipat ganda karena Baca lebih lanjut

Kirim 8 SMS, Dapat Pulsa 100.000

Malam lalu, ada belasan sms masuk ke inbox hape saya. Isinya mengabarkan seperti ini:

Bro, Telkomsel jebol, u kirimin pesan ni ke8 pengguna telkomsel, maka pulsa u akan bertambah jadi 100.000, u gak percaya, buktiin/cek *888# otomatis
serius telkomsel lagi error, buruan!!

Begitu membaca sms tersebut, saya tersenyum. Apa iya, perusahaan besar dan sekaliber itu sistemnya begitu gampang error dan pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan pulsa gratis hanya dengan mengirimkan 8 sms ke nomor lain?

Ternyata saya tidak sendirian, teman-teman lain pun mendapatkan sms serupa. Bahkan beberapa teman dengan cepat menforwardkan sms tersebut. Namun, hingga tulisan ini saya buat. Tidak ada satupun diantara mereka yang mendapatkan pulsa senilai Rp. 100.000 setelah mengirimkan sms tersebut ke 8 pengguna ponsel lainnya. Saya bilang sama mereka, “Udah sarjana kok bisa ditipu sms kayak gitu…”

my handphone

Inilah salah satu bentuk Baca lebih lanjut