Mimpi Buruk

Ketika tidur kita akan mengalami peristiwa yang aneh, mimpi. Ada mimpi indah dan ada mimpi buruk. Kita tidak dapat memilih antara keduanya ketika hendak tidur bahkan ketika tidur. Namun kita bisa mencegah mimpi buruk datang, yaitu dengan cara tidak tidur.

Mimpi buruk katanya tidak boleh diceritakan. Mimpi indah barulah boleh. Kalau saya malah sering lupa. Kecuali mimpi buruk yang membuat sampai terjaga biasanya akan selalu teringat. Seandainya aja kita bisa mengatur mau mimpi apa malam ini, tentu kita akan selalu mengarang mimpi-mimpi yang indah. Mau mimpiin artis idola, orang yang kita suka atau mimpiin kota-kota atau tempat favorit yang belum pernah dikunjungi. Terserah apa saja dan kita pun menikmatinya di alam mimpi.

Mimpi terkadang menyimpan rahasia kehidupan yang ada hubungannya dengan masa depan. Jika engkau ingat mimpimu, catatlah agar esok dan seterusnya engkau masih tetap mengingatnya, maknailah mimpi yang engkau alami itu karena pada suatu hari kamu akan mengalami sebuah kejadian yang ada hubungannya dengan mimpi itu. Kamu akan mengatakan “Sepertinya ini ada hubungannya dengan mimpi kemarin.”

Saya pernah mengalami mimpi yang sepertinya itu sambungan mimpi pada malam yang lalu-lalu. Aneh? Mimpi memang hal yang aneh. Kita beraktivitas di luar kendali kita sendiri dan pasrah pada akhir mimpi. Mimpi selalu dan akan selalu menjadi misteri. Mimpi seolah-olah menggambarkan bahwa memang ada kehidupan selain di alam dunia. Kehidupan yang akan kita jalani tanpa dapat kita atur sesukanya karena ada saya yang lain disana.

Mimpi buruk terkadang menjadi pertanda akan terjadinya sesuatu, seperti mimpinya Raja Mesir tentang 7 ekor sapi gemuk dimakan 7 ekor sapi kurus, karena mimpi tersebut terus berulang, Raja meminta pelayannya segera meminta Nabi Yusuf untuk mentakwilkan mimpinya. Nabi Yusuf yang memiliki mukjizat mentakwilkan mimpi menjelaskan bahwa Raja dan seluruh rakyat mesir harus menanam tanaman selama tujuh tahun karena setelah itu akan datang musim kemarau selama tujuh tahun, sehingga nantinya tanaman-tanaman yang ditanam selama tujuh tahun tersebut dapat menjadi cadangan makanan ketika musim kemarau tersebut tiba.

Ada lagi mimpi buruk yang dialami co-pilot pesawat Germanwings, Andreas Lubitz (28) yang diduga menjatuhkan pesawat Airbus A320 di pegunungan Alpen sebelum terjadi tragedi memilukan itu. Menurut sang mantan pacar, Andreas sering bermimpi buruk dan berteriak “kita akan jatuh, kita akan jatuh.” Dan ternyata benar kalau pesawat yang ia bawa akhirnya jatuh.

Pertanda dari mimpi buruk itu selalu benar, terutama mimpi buruk yang berulang, sayangnya kita selalu melupakan karena kita bukanlah peramal mimpi yang selalu mengaitkan masalah yang terjadi dengan mimpi yang baru-baru kita alami. Kita terbiasa mengaitkan suatu peristiwa dengan peristiwa lain setelah terjadi, bukan yang belum terjadi. Barulah nanti kita bilang, “Bah, ternyata betul mimpiku itu.” atau “kurasa itulah makna mimpi kemarin.”

Tebing Tinggi, jam 15.20 wib. Saat lagi rame-ramenya di plasa telkom Tebing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: