Refleksi di Ramadhan

Bulan ramadhan telah mendekapmu, kuat. Kuat sekali. Memintamu untuk segera membasuh hatimu agar bersih. Agar jernih. Hingga hatimu kembali bercahaya memantulkan kebaikan-kebaikan kesekelilingmu.

Noda-noda yang tersisa barangkali adalah keegoisan yang belum sepenuhnya terkendali. Hingga acapkali dirimu tak dapat mengerti bahwa pesan kebenaran bukan menuruti kehendakmu.

Ramadhan seharusnya adalah penawar amarahmu kala mendapati sesuatu yang tak sesuai dengan harapanmu. Ramadhan juga menjadi tameng kala hawa nafsumu coba mengalahkan akal sehatmu.

Ramadhan hanyalah

tamu yang tak selamanya akan tinggal. Bagaimana melayani tamu yang membawa kebaikan untukmu. Apakah engkau membiarkannya saja hingga ia pergi atau menjamunya dengan ibadah siang dan malammu, sedekah, puasa dan solatmu hingga nantinya ramadhan akan menempamu menjadi insan bertaqwa.

Di ramadhan ini saatnya engkau memulai momentum memperbaiki diri. Lihatlah ke bawah untuk belajar tentang keikhlasan, bahwa masih ada orang yang lebih sulit hidupnya ketimbang dirimu. Bahwa masih ada permasalahan yang lebih sulit mereka hadapi daripada masalahmu. Yakinlah bahwa Allah tidak akan membebanimu dengan sesuatu yang tidak mampu kamu untuk menanggungnya.

Saatnya juga kamu melihat ke atas untuk belajar bersabar. Bahwa kesempurnaan hidup itu bukanlah dinilai dari kekayaan yang dimiliki. Lihatlah orang yang pengetahuannya lebih darimu, yang kebaikannya belum sanggup kau tiru.

Ramadhan adalah madrasah untukmu apakah dengan puasa engkau dapat belajar tentang kepapaan, apakah dengan puasa engkau belajar tentang kejujuran, keikhlasan dan pengorbanan. Apakah setelah selesai puasa engkau akan lulus dengan predikat cum laude, taqwa?

pesan buat diri sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: