Hidup hanyalah Ujian

Hidup adalah ujian, hidup hanyalah ujian. Kata-kata yang pernah aku temukan dalam sebuah buku.

Benar memang. Hidup ini tidak pernah lepas dari ujian. Semakin bertambah usia, ujian semakin bertambah sulit karena ujian menaikkan kita pada tingkat kedewasaan dan kebijaksanaan yang lebih tinggi. Mungkin seperti sekolah dimana ujian datang pada akhir semester. Disanalah kita tahu seberapa kuat dan sabarnya kita dalam menghadapinya. Ketika menyelesaikannya, semakin bertambah rasa syukur kita kepada-Nya.

Kadang-kadang, muncul rasa lemah dan pesimis dalam menjalani hidup ini. Ada rasa ketidakberdayaan yang tiba-tiba muncul. Apalagi support dari orang terdekat tidak didapatkan.
Mengeluh lalu memendam kekesalan sehingga melahirkan sikap dan tingkah laku negatif yang membuat diri malah terjebak dalam keputusasaan.

Padahal Allah sudah janjikan bahwa sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Seperti judul lagu, badai pasti berlalu. Jadi tidak ada masalah/ujian yang tidak ada penyelesaiannya. Hanya saja, karena kita selalu memfokuskan diri pada kelemahan diri sehingga kita malas bangkit dan melakukan beberapa perubahan penting agar dapat menikmati hidup yang sedang kita jalani.

Seorang teman selalu menasehati, buat apa memikirkan perkataan orang yang selalu menyinggung kelemahanmu. Jika kamu terus memikirkannya, kamu hanya memupuk rasa lemah dan frustasi dalam dirimu. Lakukanlah hal yang lebih baik dari sebelumnya dan buktikan dengan perbuatan kalau kamu bukanlah seperti yang mereka katakan.

Hidup adalah ujian. Ujian membuat kita terdorong untuk melakukan hal-hal terbaik untuk keluar dari persoalan hidup. Jika hidup adalah ujian, maka harus dinikmati. Belajarlah dengan kehidupan orang disekeliling kita yang juga mengalami hal yang sama atau bahkan lebih berat dari yang kita rasakan dan terus meyakinkan diri bahwa ujian itu pasti akan berakhir…

Selamat melaksanakan ujian (loh??)

Satu Tanggapan

  1. dan pemenangnya adalah yang siap bertahan dengan darah-darah yang membasahi bumi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: