Betapa Berharganya Seorang Hafidz

Beberapa minggu terakhir ini entah kenapa aku semakin gila nonton film. Hampir setiap minggu beli film dvd (bajakan) – Psst… tenang coy, murah soalnya – minimal dua biji.

Kalau minggu lalu aku beli tiga film, jumat kemarin beli dua film, Possession dan Iron Man 2. Jadul ya? Sengaja sih. Sebenarnya banyak film-film baru yang sudah terpampang dan bergelantungan di lapak-lapak penjual vcd bajakan. Tapi sayang, gambarnya masih buram dan nampak sekali kalau hasil gambarnya membajak langsung dari bioskop. Jadi gak heran kalau beli dvd seperti itu, kita akan melihat penonton bioskop yang lalu lalang menutupi handycam si pembajak.

Kok bisa ya merekam film di dalam bioskop?

Ah, lupakanlah soal itu. Semalam, temanku meminjamkan dua biji filmnya, The Book of Eli dan The Imaginarium of Doctor Parnassus. Film ini aku tonton di malam minggu, kalau orang lain mungkin menghabiskan waktu dengan pacarnya, aku juga… Cuma sekarang pacarku adalah laptop merk Byon. Ha… ha… promosi euy.

The Book of Eli, bagus juga film itu… tapi aku tertipu. Si Eli yang di film itu selalu diperlihatkan membaca Bible, melindunginya dari orang-orang yang tak bertanggungjawab ternyata berhasil menipuku sampai di akhir film. Si Eli ternyata buta dan Bible itu sepertinya tertulis dalam bentuk huruf Braille. Uniknya manusia di zaman itu tidak ada yang bisa membaca kecuali si Carnegie yang mati-matian (sampai mengorbankan anak buahnya yang begitu banyak) hanya untuk mendapatkan Bible tersebut.

Kenapa Bible itu bisa jadi rebutan? Mending nonton filmnya aja. Daripada aku jelasin, malah tambah bingung.

Sebenarnya dari film ini, aku menarik sebuah pelajaran penting. Dalam film itu digambarkan kalau Eli adalah satu-satunya orang yang hafal Bible. Sementara Bible sudah musnah di muka bumi. Jadi Eli sangat berjasa sekali dengan hafalannya, Bible bisa kembali dicetak.

Memang agak lucu sih, realitanya pasti tidak ada umat Kristiani yang hafal Bible. Berbeda dengan Islam yang sejak zaman Rasulullah hingga kini, Hafidz dan Hafidzah (Orang yang menghafal al-Quran) itu bertabur jumlahnya sehingga keutentikan al-Quran itu tetap terjaga. Andaikan al-Quran dimusnahkan, kita (umat Islam) tidak begitu khawatir karena ayat al-Quran kekal di ingatan para hafidz yang jumlahnya sangat banyak di seluruh dunia ini.

Alhamdulillah, pencetakan bibit-bibit muda hafidz-hafidzah tetap digalakkan sampai kini lewat pendidikan di pesantren, di sekolah Islam dan lewat musabaqah yang digelar di setiap daerah di Indonesia dan di belahan bumi lainnya.

Bagaimana dengan kita? Sudah berapa juz ayat al-Quran yang kita hafal? Atau malah sudah jarang membacanya dan membiarkan al-Quran hanya menjadi penghias di rak dan meja belaka?

Iklan

14 Tanggapan

  1. abdi, daripada beli bajakan mending kamu download aja. aku punya info. kamu bisa download film yang kamu suka di http://cinema3satu.blogspot.com
    salam, 🙂

    wah, menarik… terimakasih mas, sudah mau berbagi…

  2. hmm, pesan yang sarat makna bang!
    apalagi paragraf terakhirnya 😥

    makasih, semoga memberi manfaat buat semua 🙂

  3. (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    kurang tahu tentang ‘hafidz bible’ kalau hafidz al qur’an di daerah saya banyak

    iya, sepertinya hafidz bible tidak ada

    • iya mas, aku juga ga tau apa itu ‘hafidz bible’ . buku apa orang tuh??

      mas abdi, kunjungi blogku ya,, sepi nih. skrg blogku dah bisa di komentari lg. trs ada postingan baru (sama, promosi jg)

      hehe…. gak ada sih istilah hafidz bible, lebih gampangnya orang yang hafal isi kitab bible…
      oke segera meluncur ke TKP

  4. andai ada yang seperti itu diantara kita ya Bang :mrgreen:

    lama tak mampir kesini, semoga dikau dalam keadaan sehat ya Bang Jay 😀

    salam hangat

    alhamdulillah, sehat selalu, semoga kesehatan juga berlimpah pada bang hariez

  5. menarik sekali tulisan ini yg paragraf terakhir.. terkadang al-qur’an hanya dijadikan hiasan…

    semoga kita tidak sekedar menjadikannya hiasan, tapi menjadikannya pedoman kehidupan

  6. itu pilem tentang kitab injil ya?
    soalnya saya pas liat aga bingung ama biblenya itu

    kalo masalah Al Qura’n masih baca sih
    tapi cuman hafal beberapa surat pendek doang
    hehe

    itu film tentang orang yang melindungi kitab injil satu satunya yang ada di dunia
    semoga kita tetap membaca dan mengamalkan isi dalam alQuran 🙂

  7. :”( iya ni, hapalan ayat jadi berantakan akibat sibuk gak nentu… -.-

    wah, ada hafidzah nyasar kemari…. 🙂

  8. gmana ya ngehafalnya….. amazing dh……. satu lembar aj saya belum tentu hafal……. subhanaloh…..

    tapi alfatihah hafal kan… 🙂

  9. jadi miris baca nih postingan
    kesampean gak ya ntar meninggal dalam keadaaan hafidz
    T.T

    paling tidak kita sudah berusaha… 🙂

  10. sangat miris sekali kita bisa menghafal berbagai banyak lagu, tapi jika kita di suruh menghafal 1 juz dalam al quran belum tentu bisa…,

    iya mas. kalo kesenangan duniawi, kita selalu cepat untuk melakukannya

  11. Saya jadi malu
    Jangankan berapa juz, berapa surat pun saya malu menjawabnya

    Maaf saya baru ngeblog lagi nih hehe.
    Salam persohiblogan 🙂

    apa kabar bang…
    sibuk karena baru punya keluarga baru ya, hehe…

  12. lam kenal yak…saya juga sekarang lg berusaha menghafal quran….

    alhamdulillah…. ternyata banyak pejuang al-Quran yang ngeblog

  13. ngomong2 soal “Iron man” nih ad film barunya,,
    datng aj kerumah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: