Mengapa Orang Kecewa Memegang Kepalanya?

Maradona pun melakukannya

gambar: detik.com

Jika kamu pernah menonton pertandingan sepak bola, pernah nggak memperhatikan penonton yang kecewa terus mengekspresikan kekecewaannya dengan memegang kepala dengan kedua tangannya. Tidak hanya penonton, pelatih kadangkala melakukan hal yang sama.

Entah kenapa saya jadi pengen tahu mengapa bisa seperti itu. Kadang saya juga pernah melakukan hal yang sama. Saat nonton bareng, tim kesayangan saya gagal menyarangkan bola ke gawang lawan. Sambil teriak kecewa, kedua tangan saya sudah memegang kepala saya (ya iya lah, kalo di kepala orang lain ntar dikira mau nyari kutu rambut).

Coba perhatikan saat penonton menyaksikan detik-detik bola mengarah ke gawang, tangan mereka mulai bergerak ke atas. Jika bola masuk ke gawang, maka mereka akan bersorak sorai sambil mengangkat tangannya ke atas dan terkepal. Itulah barangkali mengapa seorang pemenang digambarkan dengan orang yang berdiri gagah dengan tangan mengepal ke atas.

Nah, jika bola gagal bersarang ke gawang, kedua tangan mereka tidak jadi mengepal ke atas, tapi memegang kepalanya (seperti mengusap rambut begitu), apakah ini artinya ekspresi untuk menetralisir rasa kecewanya? Entahlah, saya belum menemukan jawabannya.

Ngomong-ngomong soal ekspresi, masih banyak bentuk ekspresi yang dilakukan orang dengan memegang anggota tubuh yang lain, misalnya:

memegang/menyentuh kening, biasanya orang yang memegang/menyentuh kening bermakna lupa sesuatu dan mencoba memikirkan sebuah solusi atau bisa juga karena lagi sakit kepala atau (jadi kebanyakan atau) mau bilang “cape deh…”

Memegang/menyentuh bokong, biasanya ekspresi seperti ini terjadi pada orang yang lupa bawa dompet, dia akan memegang-megang bokongnya sendiri memastikan apakah dompetnya masih terselip di area tersebut.

Memegang/menyentuh (maaf) kemaluan, ini biasanya terjadi pada pemain bola yang khawatir tendangan lawan mengenai benda paling berharga. Karena akan sangat berbahaya bila benda ajaib ini dihantam bola, entah bagaimana nasibnya kelak.

pagar betis yang anehMemegang/menyentuh hidung, biasanya ini terjadi pada orang yang tiba-tiba mencium bau tidak sedap yang bukan berasal dari dirinya. Contohnya banyak kok: misalnya kentut dan berbagai jenis bangkai, gak termasuk bangkai mobil ya…

Memegang/menyentuh mulut, jarang sih orang mengekspresikan diri dengan memegang mulutnya, kecuali orang yang meredam ketawa terbahaknya di keheningan malam. Takut kena lempar tetangga sebelah karena dianggap mengganggu kenyamanan orang tidur.

Memegang/menyentuh dada, tentu saja dada sendiri, ini biasanya terjadi pada seseorang yang terkena serangan jantung tiba-tiba.

Menutup wajah dengan kedua tangan, ini merupakan ekspresi ketakutan, bisa jadi karena melihat hantu, melihat sesuatu yang mengerikan atau karena nonton film horror dan biasanya dilakukan kaum hawa, lain dengan kaum adam, mereka menutup wajahnya karena kecewa.

Banyak lagi bentuk-bentuk ekspresi orang yang muncul secara spontan dengan memegang anggota tubuhnya, ada yang mau menambahkan?

11 Tanggapan

  1. megang kepala karena pas kecewa langsung pusing, coba klo pas kecewa sakit perut pasti yang dipegang pasti bukan kepala…:mrgreen:

    okey, semangat!! sehat..dan sukses,,🙂

    haha… emang ada tuh orang kecewa perutnya yang sakit,
    sukses kembali mas…

  2. memegang/menyentuh dompet/tas orang lain. Ini kerjaan copet😀

    memang yang punya orang lain itu jangan disentuh/pegang, sangat berbahaya😀

  3. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    tapi kenapa musti memgang anggota2 tubuh tersebut, ya?

    itu lah yang saya herankan, salam bingung bang…😀

  4. Hei mas, orang yang mau berbaris kenapa megang tas, apa hubunganya sama expresi?…………….
    (Oh ya, itu mesti expresiin lagi promosi tas perempuan, tapi kenapa mesti di lapangan? :lol:)

    hehe… itu gambar lucu-lucuan aja kok, mungkin dirubah pake photoshop, sebenarnya mereka menutup kemaluannya biar gak kena bola

  5. udah fitrahnya manusia kali ya
    memang programnya seperti itu

    mesti ada kajian psikologinya nie…

  6. fotonya mantap hehe bikin ngakak sipp

    sip lah, tengkiu,,,,

  7. Udah kebiasaan kali ye mas🙂

    trus awalnya gimana kok jadi biasa🙂

  8. udah sugesti dari kecil kalo mengalami suatu kegagalan ya ‘megang kepala’

    btw, kalau megang ketek itu tandanya apa?:mrgreen:

    kalo megang ketek itu tandanya ngukur bulu ketek,😀

  9. tidak semuanya, ada juga yang menlus dada, bahkan ada yang membunuh jika kkecewaan sudah pada taraf tinggi..

    itu tadi kenapa saya bilang pada umumnya. terima kasih tambahannya🙂

  10. iya ya, kenapa jdi harus memegang2 anggota tubuh ya… .? (* ikut heran*)😦
    slam

    saya juga heran bunda😀

  11. hemat saya;
    karena fantasi rasa adalah konklusinya ada di dalam kepala yaitu syaraf 2 otak.sehingga pada saat harapan dia tercapai tangan reflek langsung kepada yang memberi perintah yaitu yang didalam kepalanya.dan begitulah sebaliknya.

    silakan dikoentari.tks

    terimakasih jawabannya. Saya gak bisa berkomentar karena memang tidak tahu…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: