Once Upon in Jakarta #4

Sebenarnya, keberangkatan ke Jakarta ini adalah mengikuti training yang diselenggarakan Youth Progressive Southeast Asia (YPSEA) dan FES Indonesia selama 4 hari di Hotel Santika.

Nama kegiatannya sendiri Online Media Skills Training. Di sini saya dan partisipan lainnya yang berasal dari Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, Timor Timur dan Indonesia mendapatkan pengetahuan mengenai seluk beluk dunia online dan memanfaatkan media online sebagai bagian dari media kampanye untuk organisasi masing-masing. Lebih kurang begitu lah (gak tau lagi mau jelasin apa, hehe…)

Pelatihannya berlangsung dari pukul 9 pagi sampai jam 10 malam. Bayangin aja gimana mumetnya, sukur speakernya dari kalangan orang-orang ternama, jadi agak terobati. Ada Prof. Eko Indrajit yang lucu dan smart banget, ternyata beliau ini beristrikan seorang penyanyi Indonesia, Lisa A. Riyanto.

Terus ada Dr. Edmon Makarim, wajah beliau sering kok nampang di layar tv, saat pelatihan itu dia mempresentasikan mengenai dampak media online terhadap masyarakat, lalu bagaimana adanya benturan hukum adat dengan kebebasan berekspresi.

Pasti kenal kan dengan Enda Nasution, Bapak Blogger Indonesia. Baru di pelatihan ini saya bisa melihat wajah-wajah mereka. Kalau Bang Enda Nasution ini mengajak kami menyelami bagaimana blog mulai mewabah di Indonesia dan Studi kasus mengenai keberadaan media online yang bisa digunakan sebagai media pergerakan di Indonesia. Seperti kasusnya Prita yang mendapat dukungan dari para pengguna internet itu loh, entah itu facebooker, blogger dan di twitter.

Pak Onno W Purbo sedang menunjukkan alat-alat yang dibutuhkan dalam merangkai antena panbolic

Lalu ada Bapak Onno W. Purbo yang katanya beliau ini dikenal sebagai Bapak Hacker Indonesia. Wah, wah… beruntung sekali saya bisa mengenal mereka, walau mereka tidak mengenal saya. Pak Onno ini memberi materi tentang penggunaan VoIP (voice of Internet Protocol), dengan VoIP ini kita bisa memasang perangkat untuk menelpon seseorang by internet. Keren bukan? Ia juga mengajari kami menggunakan antenna panbolic, antena yang terbuat dari kuali masak itu loh.

Wah seru-seru abis lah pokoknya. Cuma karena pelatihannya dalam bahasa Inggris, jadi kadang-kadang ada keterangan yang nggak ketangkep, hehe…

Oh iya, ada lagi bang Donny BU dan timnya, sepertinya beliau ini orang-orang dari Internet Sehat, mereka mengajarkan bagaimana membuat blog dan melinkkannya dengan facebook dan twitter. Mereka juga mengajarkan tentang google analytic dan lain-lain.

Dari kegiatan di Jakarta tempo hari itu, sebetulnya kami punya agenda mengunjungi kantor Detik.com, namun entah mengapa kegiatan itu dibatalkan pihak Detik.com.

Begitupun banyaknya ilmu pengetahuan dan pengalaman yang saya ketahui tidak berbanding lurus dengan pengetahuan saya melihat seluk beluk kota Jakarta. Karena pelatihan yang full time, saya tidak bisa ke tanah abang, tidak sempat melihat tugu monas dari dekat dan tidak sempat bertemu SBY, hehe…

Eh iya, kalau mau lihat foto kegiatannya silahkan klik di sini ya, foto-foto ini diupload tim internet sehat.

Iklan

5 Tanggapan

  1. wah pak ono ada disitu, hmm dulu sering ketemu dah. Di percetakan media grafika cibinong. hmm rumahnya ga jauh dari tempat kami.he he he

    wah, tetangga kalo gitu ya mas. Asyik ya orangnya… πŸ™‚

  2. wah gak sempet ketemu pak SBY ya mbak.
    padahal mau nitip pesen lho mbak
    hehhehe

    meski capek tapi menyenangkan ya mbak..^^

    hehe… ya, sayanya yang nggak sempat.
    Mbak win, saya cowok, jadi jangan panggil mbak ya. 😦

  3. akhirnya ada part 4 juga. sudah ditunggu-tunggu πŸ˜€

    wah, gak jadi ke kantor detik.com ya? kasihaaannn… sementara saya seriiinnnggg :mrgreen:

    wah, asyik donk, kok nggak ngasi tau rumahnya deket kantor detik.

  4. dulu STAN pngen banget ngundang Pak Onno
    beruntung banget deh bisa ikutan seminarnya:O

    ya mas, memang beruntung kalo seminar sama orang terkenal πŸ™‚

  5. senangnya ya Bang Jaya bisa menimba ilmu dr orang2 ternama yg ahli dlm bidangnya . πŸ™‚
    salam

    iya bunda, semoga ilmu yang diperoleh bisa dimanfaatkan πŸ™‚
    salam bunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: