Sukuran dan Indahnya Kebersamaan

Masa pemerasan otak sudah selesai. Itu loh Ujian Nasional yang banyak ditakuti anak-anak kelas III. Selesainya UN menjadi hari kemerdekaan baru bagi mereka, apalagi setelah moment lulus-lulusan.

Nah, banyak berbagai cara para siswa-siswi merayakan kelulusannya. Ada yang corat coret baju, pawai motor keliling kota, sampe ada yang merayakannya dengan cara melakukan maksiat. Astaghfirullah…

Tapi tidak semua siswa-siswi seperti itu lho. Beberapa adik-adik yang menjadi anak dampingan (anak-anak yang menjadi penerima manfaat dari program yang dijalankan sebuah lembaga) melakukan kegiatan positif dalam menyambut kelulusannya. Mereka mengadakan acara sukuran secara formal dengan melakukan acara doa bersama dan meminta pesan dan motivasi dari kakak dan abang yang sering menjadi fasilitator mereka dalam sebuah kegiatan. Salah satunya aku loh. Kebetulan mereka meminta aku membacakan doa untuk mereka (mentang-mentang awak ini bertampang alim kali ya…). Kami juga diminta mereka memberikan semacam kata motivasi dan pesan buat mereka yang bakal melanjutkan perguruan tinggi dan tingkat sekolah atas.

Ternyata acara tidak hanya sukuran doang. Masing-masing mereka sudah membawa rantang dari rumah masing-masing. Anak-anak mengajak kami untuk makan bersama di Pantai Bubon, salah satu pantai di Kabupaten Aceh Barat yang jarak tempuhnya kira-kira 8 Km dari Kota Meulaboh.

Melajulah mobil jenis L300 mengantarkan kami ke pantai Bubon. Suasana pantai tampak sunyi. Tampaknya laut sedang pasang, warna air laut pun sudah memutih keruh. Hanya tampak dua perahu yang berusaha mengalahkan ganasnya ombak.

pantai Bubon dengan pohon kelapa yang menjulang. foto by Jaya

Pakaian kami berkibar-kibar ditiup angin. Jilbab anak perempuan pun porak poranda. Untuk membentang tikar saja sulitnya minta ampun sampai-sampai harus ada anak yang duduk di tiap sudutnya (susah sih nyari batu di pantai itu, tapi kalo kambing banyak…). Deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi di pantai tersebut juga membengkok dihempas angin. Kami bolak balik lihat ke atas sambil berdoa semoga tidak ada kelapa yang jatuh menimpa salah satu kepala kami.

makan siang di Pantai Bubon

Tibalah saatnya menuntaskan rasa lapar karena sudah waktunya makan siang. Dibukalah rantang anak-anak masing-masing. Wuih… Isinya emang keren-keren. Telor aja ada tiga macam, mulai dari telor rebus, telor asin sampe telor dadar. Ada sop ayam, ikan gabus sambel, sambel tempe campur kacang dan kambing hidup. Ternyata ramai juga kambing yang mau ikut, tapi mereka lebih memilih makan kulitnya kacang kulit. Jadi kami makan kacangnya, kambing makan kulitnya.

Habis makan, muncul acara dadakan, ternyata salah seorang anak berulang tahun tepat pada hari itu. Tentu saja ini mangsa yang empuk bagi teman-temannya. Ia pun terkapar tak berdaya dikerjai habis-habisan. Di siram air laut, dicekokin telor rebus dan dimandiin pasir pantai. Persis seperti kura-kura baru keluar dari sarangnya.

dilempari pasir

Nah, giliran acara narsis-narsisan nih. Foto bareng sebagai bagian dari kenangan yang mungkin tidak akan terulang lagi. Kenangan yang akan tersimpan di hati masing-masing dan kami percaya bahwa kebersamaan itu indah. Kebersamaan yang menjadikan semua kita sama, saling mencintai sebagai kakak dan adik dan saling menghargai sebagai sahabat dimanapun dan kapanpun.

Iklan

13 Tanggapan

  1. Seru bener acaranya bos. Hihihi. Kalo gue kemarin coret-coretan pas pengumuman kelulusan

    yah, coret-coretan udah mengakar di segenap relung hati pelajar… πŸ™‚

  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Luapan rasa syukur seperti ini keknya lebih bermakna dan bermanfaat ketimbang sekedar corat-coret baju dan konvoi kendaraan yang pada akhirnya malah semakin mencemari udara.

    iya mas, anak-anak ini sadar dan lebih memilih kegiatan yang lebih positif. Semoga saja ditiru teman-teman lainnya

  3. wah, bisa terasa kebahagiaannya…
    semoga akan menjadi kenagan indah yang patut dikenang kembali suatu hari… πŸ™‚

    amin… terima kasih mas, akan terkenang-kenang sepanjang hari πŸ™‚

  4. acara yang bagus sekali… πŸ™‚ selamat ya untuk yang lulus..

    ingat kambing jadi ingat dulu wisata ke pantai lhoknga banda aceh.. pantainya indah tapi sapi dimana2..:lol:

    benar2 pengalaman yg unik….

    wah, udah pernah juga ya ke Lhoknga… Sekarang udah ramai kok πŸ™‚
    makasih ya

  5. terbayang seru dan bahagianya acara pd hari itu, Bang.
    kambing? kok ada kambing segala sih? beneran Bang?

    pasti momen ini gak akan terlupakan oleh semua yg hadir dlm acara yg seru ini.
    salam

    NB: pantai Bubon bagus ya Bang, bersih pantainya.
    kapan ya bisa kesana? 😦

    beneran bunda banyak kambing, sayang saya tidak menguploadnya. Di Aceh memang banyak pantai Bunda, tapi potensi alam itu tidak tersentuh pemerintah 😦
    ditunggu Bunda kalo datang kemari πŸ™‚

  6. Wow piknik bersama. Jelas terasa suasana kekerabatan yang hangat dan akrab. Kangen juga saya ingin berpiknik…

    iya mbak, senang sekali. Ayo piknik mbak πŸ™‚

  7. kebrsamaan selalu indah πŸ™‚

    dan akan selalu dikenang πŸ™‚

  8. wah jadi kangen masa sMa T.T

    masa yang paling indah memang masa di SMA πŸ™‚

  9. weiss.s.mantaf bener tuh pantai..kapan bs maen kesitu yak… πŸ™‚

    kapan aja bisa mas… πŸ™‚

  10. teringat kembali kenagan SMA dulu..
    nice posting

    makasih… kenangan di SMA memang tak bisa dilupakan πŸ™‚

  11. aaaaaa
    pengen banget makan” di bawah pohon kelapaaaa

    wah… kemari ajaaaaaaaa πŸ˜€

  12. berbagi + kebersamaan memang idah seperti yang sering saya lakukan bersama comunitas thetekter

    thetekter.wordpress.com

    mantap mas komunitasnya πŸ™‚

  13. Semoga syukurannya bisa melupakan kegagalan Madrid meraih gelar ya bro. πŸ˜€

    Btw, please welcome to Mourinho πŸ™‚

    haha… ya welcome to Mourinho, semoga bisa membawa gelar bersama Madrid πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: