Foto Unik Dampak Gerhana Matahari

Gerhana matahari yang terjadi kali ini (15 Januari 2009) ternyata bisa dinikmati oleh masyarakat yang tinggal di Aceh. Saya sendiri yang saat ini berada di Aceh Barat sempat melihat proses terjadinya gerhana matahari cincin yang menurut sumber terpercaya (baca koran Kompas) ini merupakan gerhana matahari terlama di milenium ini.

Walau proses gerhana hanya terlihat sebagian saja, namun antusias masyarakat Aceh Barat tidak terbendung untuk menyaksikan keajaiban alam yang sangat jarang terjadi. Diperkirakan gerhana yang sama akan terjadi pada 1.033 tahun kemudian. Kira-kira saat itu saya sudah jadi apa ya?

Saya dan teman-teman yang saat itu sedang dalam kantor berlari keluar saat salah seorang teman berteriak kalau gerhana sudah mulai terjadi. Sayang, proses gerhana tidak bisa disaksikan dengan mata telanjang kecuali curi-curi pandang.

Ada yang berusaha memotret dengan camera digital (psstt… namanya Bg Maman), namun hasilnya tak sesuai harapan. Selain itu, sang empunya camera khawatir jika kameranya rusak. Akhirnya gerhana di foto lewat genangan air dan hasilnya kayak gini nih

foto gerhana matahari dari genangan air

Teman dan beberapa orang tetangga yang tak sanggup melihat gerhana secara langsung juga melihatnya dari genangan air, namun tetap saja mata tak kuasa untuk menatapnya lebih lama. Walau curi-curi pandang beberapa detik dapat terlihat saat itu matahari sudah tertutup sekitar 20%. Yang paling aneh, bentuk matahari menjadi amburadul dan menari-nari, apa karena air yang bergoyang ditiup angin ya…

"udah keliatan tuh gerhananya..."

Ada juga yang punya inisiatif lucu, mengambil seember air dari rumah masing-masing dan meletakkannya di halaman. Katanya airnya lebih tenang, tidak seperti air yang tergenang di halaman itu. Tapi tetap saja mata tak sanggup melihatnya. Yang ada malah seperti orang yang ngutip sumbangan buat perbaikan jalan.

melihat gerhana di ember air

Ah, andai saja kami punya teleskop atau teropong surya, tentu cerita akan menjadi biasa saja… Tidak seperti Bapak yang sudah tua ini dan mencoba melihat gerhana matahari dari dalam mesjid. “Silau Men…” katanya.

melihat gerhana dari dalam mesjid

Keunikan lainnya, biasanya setiap mesjid akan melantunkan azan dengan pengeras suara ketika terjadi gerhana matahari atau bulan. Dalam Islam, yang saya tahu, kita hanya dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah saat terjadinya gerhana. Shalat sunnah kusuf untuk gerhana matahari dan shalat sunnaha khusuf untuk gerhana bulan. Mengerjakannya sejak awal hingga akhir gerhana.

the end… end the’ alias wassalam…

32 Tanggapan

  1. Dooh kenapa gk kepikiran liat di genangan aer yaa…mang keliatan yaa

    keliatan dunk… tapi susah nyari air yang tenang

  2. wah sayang sekali ga sempaty lihat…,

    liat di koran aja besok…

  3. Halo. Aku nggak tau kalo ada gerhana matahari di Indo. Kok nggak gelap yah? Bukanya jadi malam?😀

    karena gerhananya cuma 50%, jadi gak gelap seperti malam

  4. kalo di jakarta ga kelihatan gerhana-nya🙂

  5. (maaf) izin mengamankan KELIMAAAAXXXZ dulu. Boleh kan?!
    Saya gak bisa ikutan lihat lantaran hujan sepanjang hari

  6. walah di jakarta kmrn gak keliatan, pdhl mah pgn banget liat…

  7. Di tempatku gak kelihatan blass, mas…mendung soalnya🙂

  8. Bundo ngga ngeliat jay.. asyik juga ya rame-rame lihat lewat genangan air. di Aceh lagi cerah banget ya.

  9. Waduh sayang sekali ya,kaga kelihatan disini kejadian yg langkah itu😦

  10. aku bisa lho Jay..waktu itu di banda aceh lagi berawan tebal.jadi aku bisa liat langsung.mataharinya jadi sabit. keren…kewl!

  11. Subhanallah…. luarr biasa..
    Sayang di Jabar kurang jelas😦

  12. di sini juga kurang jelas..ntah kenapa ya..aku liat2 ke atas.. tapi g sanggup liatnya..
    kayanya awannya yang terlalu gelap haha

  13. mang bisa ya liat dari ember air🙂
    salam

  14. artikelnya menarik tapi kemaren waktu ada gerhana matahari tidak bisa melihat karena langitnya mendung…T_T

    Terima kasih atas infonya, silakan berkunjung ke sini yaaa…^_^

  15. He..he..ada2 aja

  16. kok kambing bisa ikutan jadi gerhana sih😉

  17. saya belum pernah liat gerhana matahari nih

  18. 😀 mantapz euy!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: