Bukan Janji Joni

Janji adalah hutang, hutang itu wajib dibayar, maka janji wajib ditepati. Jika tidak, itu namanya ingkar janji dan ingkar janji adalah salah satu ciri orang munafik. Seperti kata Rasulullah dalam satu hadits, “Ciri orang munafik itu ada tiga, jika berkata ia dusta, jika berjanji ia ingkari, jika diberi amanah, ia khianat.”

Berjanji itu mudah, lebih mudah dari pada menghutangi orang dengan uang. Berjanji hanya butuh kata-kata tanpa surat tanda bukti janji dan jika tidak ditepati, si pemberi janji tidak bisa dituntut secara hukum (kecuali mereka sepakat untuk membuat surat perjanjian, dan ini hanya berlaku pada hal-hal besar saja). Oleh karena itu barangkali banyak orang yang berjanji tidak menepatinya bukan karena tidak mampu menepatinya, melainkan sengaja melupakan dan tidak merasakan akibat yang signifikan buat dirinya sendiri.

Berjanji tidak harus dilafalkan dengan, “aku janji…”, “iya, insya Allah”, tapi saat kita menyatakan bahwa kita akan melakukan sesuatu dengan seseorang pada waktu dan tempat yang telah ditentukan, maka itu sudah dianggap janji. Pasti semua sepakat soal ini. Janji juga bisa dimaknai sebagai pernyataan dimana orang tersebut meyakinkan orang lainnya bahwa ia akan atau tidak akan melakukan sesuatu.

Tentu saja janji itu bermacam-macam, janjinya seorang pemimpin kepada rakyatnya dengan janji seseorang dengan kekasihnya memiliki implikasi yang berbeda. Janji seorang ayah kepada anaknya dengan janji seseorang dengan temannya memiliki kadar yang berbeda. Janji yang tidak ditepati hanya akan menipiskan hubungan, jika dilakukan berkali-kali malah akan menghancurkan hubungan.

Ada janji yang punya model untuk diikrarkan, namun tidak ada implikasi apapun jika tidak ditepati, paling hanya akan berimplikasi pada diri sendiri. Inilah model janji kepada diri sendiri, seperti janji siswa atau janji pramuka yang selalu diteriakkan saat upacara. Janji seperti itu esensinya jarang sekali diterapkan pada semua yang berjanji (setengah hati).

Masih ingat dengan si Joni, pengantar gulungan film dalam sebuah film Janji Joni. Ia berkenalan dengan gadis jelita dan tidak mau menyebutkan namanya kecuali Joni berjanji untuk mengantarkan gulungan film tepat waktu. Karena itu memang pekerjaannya, ia menganggap hal itu akan mudah ia lakukan. Namun ternyata apa yang dialaminya dalam perjalanannya untuk mengantarkan gulungan film membuatnya sulit untuk menepati janji tersebut.

Saat ini, sulit sekali mencari orangΒ  yang amanah, yang tidak pernah mengingkari janji. Barangkali kita akan mafhum jika ada seseorang yang ingin menepati janjinya namun ada rintangan besar yang membuatnya tak bisa menepati janji. Namun jika karena malas atau alasan lain yang dibuat-buat tentu hal itu tak bisa diterima.

Jangan mudah berjanji ya, kecuali kalau kita benar-benar yakin akan menepatinya, kalau tidak, kita akan mendapatkan gelar “MUNAFIK”.Hahaha… Ada yang baru berjanji? Diingat dan jangan diingkari yo…

Iklan

14 Tanggapan

  1. BJJ : Bukan Janji Jay πŸ˜€

    sekarangpun, secara tak sadar aku sering menggunakan kata Insya Allah pada saat aku sudah tahu bahwa aku tak bisa menepati. semoga Allah mengampuni.

    Haha… Bunda buat judul tandingan
    bukan maksudnya nyindir loh bundo…

  2. Maaf ya Jay kalo ada janji-janjiku yang lupa ditepati.

    sama-sama juga cit, πŸ˜€

  3. susah memang menempati janji πŸ™‚ ada triknya selain mengucapkan Insya Allah, yakni lebih baik kita diam saat di suruh janji :mrgreen:

    jadi saat kita ditagih janji, kita bisa bilang: ‘kan gw ga bilang janji πŸ™‚

    Insya Allah itu kan kita gunakan kalo kita yakin bisa menepati janji

  4. (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    baru nyadar nih kalau kemarin2 sering kali ngucapin kata-kaa yang otomatis termasuk janji juga. Harus mulai mencoba untuk berubah nih.
    Tuh kan, Janji lagi…

    silahkan bg, sampe keseratus juga boleh… πŸ˜€
    janji mo balik lagi ya…

  5. Aku berjanji utk tidak berjanji lagi, kecuali…kalo aku disuruh janji…hehe πŸ™‚
    tiap hari lima kali, tanpa sadar..kita sudah membuat janji… Padahal lebih banyak janji itu tidak ditepati… Wah..lha kalo udah bertahun-tahun, banyak banget dong janji yg kita ucapin…?? πŸ˜€

    iya, segera dilunasin bg, jangan dihitung melulu πŸ˜€

  6. ayo kow ingat gak…. ada janji ma aku…????

    iya, bakal komeng balik, hehe πŸ˜€

  7. Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010

    makasih Kangboed

  8. Selamat Tahun Baru
    Semangat Baru
    Menemukan Diri Sebenar Diri
    Meraih Kehidupan Sejati..

    πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

    selamat taon baru, hidup baru dan cinta baru… πŸ˜€

    RAIHLAH β€œJATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  9. Sepertinya sulit di lakukan karna kita sering tanpa sadar telah mengucapkan sebuah janji yang mungkin bagi kita pribadi itu masalah sepeleh,tapi bagaimana dengan orang yang mendengarkan ucapan kita.

    iya, bakal diinget terus sampe mati, πŸ˜€

  10. Terus terang saya paling takut tidak amanah. Tapi terkadang memang kita mudah lupa akan janji yang terucap.

    Janji, mudah dibayangkan, sulit ditepati.

    kayaknya setiap berjanji harus dibuat alarm di hape, πŸ˜€

  11. Kalo ga mau meneati janji mending jangan berjanji,
    Peace & selalu tepati janji πŸ˜€
    Selamat malam!
    selamat malam kang

    berjanjilah untuk menepati janji ;D

  12. karena janji adalah hutang…..,

    hutang wajib dibayar…

  13. Oke deh… gak gampang ngumbar janji. Thx 4 sharing πŸ™‚

    sama sama bro… ngumbar duit aja bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: