Mudahnya Berjabat Tangan…

Saat pertandingan sepakbola antara Arsenal vs Manchester City yang berakhir bagi kemenangan City di kancah piala Carling ternyata menyisakan rasa kesal di hati manajer City saat ajakannya untuk bersalaman tidak digubris Arsene Wenger.

Perilaku tak biasa yang dilakukan Arsene Wenger kemudian menuai kontroversi di kalangan sepakbola dan media olah raga. Apalagi bersalaman usai pertandingan sepakbola kerap dilakoni seluruh manajer.Kekalahan yang diderita Arsenal diduga penyebab menolaknya sang Profesor menerima genggaman tangan Mark Hughes.

Ribut-ribut media hanya ditanggapi dingin Wenger, dirinya mengakui tidak memiliki kesopanan profesional dan hal seperti itu dianggapnya wajar. Sementara Hughes menyampaikan kritiknya kepada Wenger, “mungkin dia terbiasa menang, dan ketika kalah dia tidak tahu bagaimana harus berkelakuan.”

***(.)(.)***

Pernahkah kamu menolak berjabat tangan dengan seseorang. Jika seorang akhwat menolak berjabat tangan dengan laki-laki yang bukan muhrimnya bisa dimaklumi karena memiliki alasan yang jelas ditilik dari kacamata agama. Menolak berjabat tangan dengan orang yang belum mencuci tangannya setelah memegang kotoran juga dimaklumi.๐Ÿ˜€

Berjabat tangan barangkali bisa dianggap sebagai perbuatan kecil. Hanya dengan menjulurkan tangan kepada seseorang yang kita kenal atau tidak sebagai rasa hormat dan hal biasa dalam etika pergaulan. Namun jika tidak dilakukan, hal kecil ini dapat memunculkan rasa sakit hati, tidak dianggap dan tidak beretika. Artinya hal kecil ternyata bisa berdampak besar.

Salaman atau berjabat tangan sering kita lihat dan lakukan misalnya pada saat bertemu atau berpisah dengan seseorang baik dalam aktivitas sehari-hari ataupun dalam kegiatan seremonial. salaman seperti sudah mentradisi sehingga dimanapun setiap bertemu dan berpisah selalu diiringi dengan jabatan tangan. Berbeda mungkin dengan budaya di Barat, selain tangan, ada pipi atau bibir juga yang berjabat.

berjabat tangan dalam ijab kabul - my friend

Dalam Islam, berjabat tangan dapat menggugurkan dosa keduanya seperti kata Rasulullah saw โ€œTiada dua muslim yang saling bertemu, lalu mereka saling berjabat tangan kecuali mereka akan diampuni dosanya sebelum mereka berpisah.โ€

Melihat keutamaan yang besar dari berjabat tangan, maka sudah sepantasnyalah kita membudayakan hal itu dalam kehidupan sehari-hari baik kepada yang lebih tua maupun kepada yang muda. Bersalaman seakan semakin mengeratkan hubungan silaturahim. Bagi yang baru berdebat atau berbaku hantam, berjabat tangan menjadi salah satu penetralisir emosi yang sudah diubun-ubun diredam hingga surut sampai ke mata kaki๐Ÿ˜€

Namun jangan tiru teman saya ya, tujuan mengajak berjabat tangan untuk hal yang tak baik. Saat berjabat tangan lalu terdengarlah suara kentut (milik teman tadi), seolah-olah dengan berjabat tangan, orang yang mendengar dan menghirup aroma kentutnya telah memaafkannya. Jadi hati-hati juga dengan orang seperti teman saya itu.๐Ÿ™‚

Pernahkah kamu mengalami hal yang tidak enak saat berjabat tangan..?

19 Tanggapan

  1. Kalau aku pernah. Dulu waktu sekolah, minta maaf sama kawan. Tapi ga mau dijabat. Yah…tiap orang punya keputusannya sendiri-sendiri.

    cucian deh dikau cit…

  2. Pernah kejadian di mesjid aku selalu berjabat tangan dengan si A, tapi klo di luar ia selau berpaling…

    ada jg orng yg slalu berjabat tangan setiap mrk bertemu tabi di belakang mereka saling gesek..
    kyky bukan hanya tangan yg perlu berjabat tp hati kita jg..

    bener bang, kalau berjabat tangan yang ikhlas dengan yang gak bisa dibaca dari lama dan genggamannya kok

  3. jabat tangan itu mengalirkan kasih sayang, energinya kuat itu jay..

    apalagi kalau yang berjabat tangan itu dua insan yang saling menyemai kasih sayang ya bund…๐Ÿ™‚

  4. berjabat tangan dpt menularkan kasih sayang, dan alhamdulillah, selama ini kalau berjabat tangan nggak pernah dicuekin, selalu diterima dgn baik.
    Sedih…….hiks…..hiks…….masa’ sih Chelsea kalah sama Man.City………………..nggak rela ……………..
    salam.

    bunda sama bunda yang di atas kompak banget komentarnya.
    Wah, Bunda fans nya Chelsea ya… sabar ya Bunda, pokoknya posisi Chelsea bakal terancam kok, hehe

    • kalau udah gini, jadi males deh nonton liga inggris, habisnya chelsea tambah terancam…………
      hiks…hiks..sebhel………………..
      salam.

      musim masih panjang kok bunda, lagian bunda bisa tuh daftar jadi pemain cadangan

  5. Jadi inget slogan di sanggar waktu kuliah dulu “Budayakan Salaman”๐Ÿ˜€

    biar lebih enak, budayakan juga salam tempel…๐Ÿ˜€

  6. Kadang tersenyum saja ga mau.

    lagi terkilir kali pak bibirnya

  7. jabat tangan mempererat persaudaraan..,

    menghilangkan kebekuan

  8. ada kesalahan dalam tulisanmu bro.
    dalam barat salam jabat tangan dan cium bibir.
    kalau Arabkah kalau salaman itu juga pakai cim pipi kiri dan pipi kaan.
    yang jelaslah.

    tengkiu masukannya… yang pernah kulihat di televisi, kalau di Arab itu hanya menempelkan pipi saja. Bukan dicium

  9. Berjabat tangan terkesan remeh sebab biasa, sesuatu yang tidak lebih sekedar basa basi saja, kurang dimaknai sebenarnya. Padahal jabat tangan harusnya bermakna simbol ikatan batin bukan sekedar fisik, ia menampilkan saksi dari Yang Maha Tahu, Allah SWT.Dalam sekali maknanya, bahkan pada moment-moment tertentu menjadi suatu yang sakral.

    benar sekali, ketika berjabat tangan dengan orang yang sering kita temui, kadang dianggap sebagai basa basi

  10. berjabat tangan itu tidak baik ….kalo cuma buat basa-basi atau buat ngasih amplop sogokan.๐Ÿ˜› lebih bagus kalo hatinya juga ikut berjabat tangan

    gimana tuh hatinya berjabat tangan๐Ÿ˜€

  11. Berjabat tangan YOk!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    pake amplop ya

  12. Budayakan jabat tangan..
    tapi bagaimana dengan budaya CIPIKA..CIPIKI..???
    menurut Bang Jay…?? ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ™„ ๐Ÿ˜ณ

    Kalo cucu sama neneknya kan gak apa2๐Ÿ™‚

  13. Selamat menyambut Awal Muharram 1431 H.

    Mohon dimaafkan segala kesalahan..dan komentar yg tak berkenan.
    Marilah kita sambut Tahun yg baru dengan hati yang penuh dengan rasa Syukur.

    Salam.

    Met tahun baru juga ya

  14. kalau dulu y blue pernahj
    but sekarang malah pengen terus jabat tangan biar dapat pahala…..hehehe
    salam hangat selalu

  15. sskali pernah juga kalau lagi kesel tapi sekarang
    tak da maslah lagi gmna?bkankah begtu yg harus dlkukan???

  16. Memang mudah berjabat tangan… tapi kalo lagi emosi.. yang mudah jadi syusyah๐Ÿ˜€

  17. berjabat tangan dengan “akhwat”, pasti mereka gak mau
    hehehe๐Ÿ™‚

  18. Tahun ini hampir usai terlalui, belumlah tergores coretan berarti, belumlah setiap gagasan menjadi nyata, konsep masih terdokumenkan. Padahal telah berada dipenghujung, meski akan terlewati, semoga ada perubahan, dalam lembaran baru. Selamat tahun baru 2010 M.

    dalam banget maknanya… terima kasih kang
    moga resolusi di tahun 2010 ini tercapai ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: