Poligami juga Punya Klub…

Beberapa minggu ini, hampir di semua media baik cetak maupun elektronik memuat berita tentang cicak dan buaya. Bukan karena mahalnya harga kedua binatang tersebut layaknya tokek, walaupun ketiganya memiliki titisan postur tubuh yang hamper mirip. Melainkan karena ada huru hara yang ditimbulkan cicak dan buaya. Ribet emang kalo urusan politik untuk dibahas rakyat jelata seperti diriku ini.

Aku lebih tertarik mengamati berita tentang berdirinya klub poligami. Kalau dibilang penganut poligami, sebenarnya sih bukan (kawin aja belum). Penentang poligami, nah itu… bukan juga sih. Netral aja lah.

Klub poligami yang baru-baru ini diresmikan di Kota Bandung, Jawa Barat 19 Oktober lalu memang banyak menuai kontroversi, tidak hanya dari kalangan ibu-ibu, bapak-bapak juga ada yang menolak kehadiran klub poligami tersebut, seperti MUI Kabupaten Gresik. Tapi mereka hanya menolak dibentuknya klub tersebut loh, bukan menolak poligaminya. Karena khawatir menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Uniknya, Klub poligami yang baru diresmikan tersebut berasal dari Malaysia dan dipimpin seorang perempuan. Nah, ternyata ada juga perempuan yang bahagia di poligami, biasanya yang diungkapin media pasti cerita-cerita susah dan sedihnya jadi istri yang dipoligami. Padahal di luar sana banyak juga perempuan yang mendapatkan kebahagiaan dari poligami. Terlebih perempuan yang sudah tidak sanggup lagi menafkahi diri dan keluarganya, jadi lebih terbantu karena poligami.

Pernyataan menyejukkan meluncur dari mantan dosenku dulu. Prof. Nur Ahmad Fadhil Lubis (sebagai catatan, beliau dulu adalah pembimbing skripsiku) mengatakan;

masyarakat tidak perlu mempermasalahkan klub poligami, hal itu fenomena alamiyah karena manusia memang punya naluri untuk berasosiasi. Manusia selalu berkumpul dengan orang-orang yang dianggap memiliki kesamaan, baik dalam hal kebiasaan maupun identitas diri, keinginan serupa juga terjadi pada diri pelaku poligami sehingga mereka membentuk klub.

Mungkin saja para pelaku poligami itu ingin mencari pengalaman dan pengetahuan dari yang lainnya mengenai cara mengatasi masalah ketika memiliki istri lebih dari satu. Mungkin pula menjadi wadah untuk bertukar pikiran sekaligus menambah pengetahuan.

Namun, klub poligami bisa merupakan wujud dari reaksi atas penolakan masyarakat terhadap prilaku poligami karena sudah menjadi kebiasaan dalam masyarakat, orang-orang yang mendapat penolakan akan mengelompokkan diri. Contohnya penolakan masyarakat terhadap kelompok waria (wanita pria).

Oleh karena itu, selama perilaku kelompok tidak dianggap dosa dalam pandangan agama, maka keberadaan klub poligami tidak perlu dipermasalahkan. (pernyataan beliau ini dikutip di Republika, 31 Oktober 2009)

Pendapat beliau tentu sangat bijaksana dengan kapasitasnya sebagai Sosiolog, beliau juga Rektor IAIN Sumatera Utara tempat dimana aku menimba air ilmu.

Jadi memang kita gak perlu meributkan berdirinya klub poligami tersebut, kecuali jika kelompok tersebut mengklaim dan mengaku sebagai kelompok yang paling benar dalam menjalankan agama, maka perlu dipermasalahkan. Seperti kelompok aliran sesat, mengaku nabi lalu menentang ajaran al-Quran dan Hadits yang banyak muncul belakangan ini, contohnya perguruan Santriloka yang mengajarkan kepada pengikutnya bahwa sebagian isi al-Quran sesat.

Nah, bagi yang kontra dengan berdirinya klub poligami mungkin bisa dapat lebih jernih berfikir, jangan sampai kita begitu heboh dan arogan dengan kelompok yang dalam pandangan agama tidak membuat dosa dan pelanggaran, tapi dengan kelompok yang nyata-nyata berbuat dosa dan merusak ajaran agama kita diam saja.

Yang penting bagi orang yang melaksanakan poligami tidak melaksanakannya bukan karena nafsu semata, melainkan menjalankannya untuk mendapat ridho Allah dan tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dibenarkan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam, antara lain; Istri tidak memberikan keturunan, istri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai isteri atau isteri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Kalau Prof. Dr. M. Quraish Shihab bilang ”Poligami itu bukan anjuran, tetapi salah satu solusi yang diberikan kepada mereka yang sangat membutuhkan dan memenuhi syarat-syaratnya. Poligami mirip dengan pintu darurat dalam pesawat terbang yang hanya boleh dibuka dalam keadaan emergency tertentu,”

Kalau menurut anda bagaimana?

25 Tanggapan

  1. Maaf , ijin Pertamax dulu..

    silahkan…

  2. Betul Mas Jaya.. , mungkin tujuan utama mereka bukan Pamer dan gaya gaya.. tapi membuat semacam wadah Komunikasi untuk saling berbagi engalaman dan pengetahuan dari yang lainnya mengenai cara mengatasi masalah ketika memiliki istri lebih dari satu.

    ya, kemungkinan dampak positifnya kan…

  3. tamabh dikit boleh yaa…?

    saya pribadi sih , masalah Poligami antara setuju gak setuju .. Abstain ajah deh… ! sebab sebenarnya banyak alasan org berpoligami.

    Salam Bening.

    gak dilarang koq untuk abstain…😀

  4. Saat ini klo orang ingin poligami selalu berargumentasi bahwa ini perintah Allah dan Rasulnya. Padahal klo sudah berbicara urusan zakat, shodaqoh, puasa, haji, dan lain sebagainya sikapnya hanya dingin-dingin saja. Selain itu konteks ayat yang menjelaskan tentang poligami sering dimaknai secara parsial tidak komprehensif. Yang dilihat hanya perintah untuk menikahi wanita satu, dua, tiga, dan empat. Namun ayat penutup yang menjadi persyaratannya sering tidak diindahkan. Yakni berbaut adil.

    siapa tuh ya, kayaknya bukan aku deh…

  5. saya sih sebenarnya cuek aja…

    tapi saya sedikit curiga, jangan2 itu hanya cari sensasi di media aja.. hehe

    gak boleh suudzon bang,😀

  6. Jadi inget cerita para raja2 dulu..banyak yg istrinya lebih dari satu..hehe.
    Kayaknya sih, mustahil kalau itu dilakukan bukan atas karna nafsu.. Mana bisa jalani itu semua kalau nafsu ndak ikut serta..?

    yah kembali pada kriteria dan tujuan berpoligami si pelaku…

  7. wah kalo poligami jujur aku tetep belum terpikirkan
    ngurus 1 aja repot.. palagi 2.. palagi 3..palagi 4…
    waaahh… blm ngurus anak2 mereka nanti… cucu2 ntaar…

    hmm…

    ya jangan dipikirkan bang, sukuri apa yang ada….

  8. ini ni yang bikin istri saya cemberut …😀

    saya gak tanggungjawab ya bang kalo terjadi apa-apa sama istrinya…😀

  9. sejak poligami award , dan yang terbaru ini, club poligami, kesan kok pamer ya???. trus pernyataan2nya seolah poligami adalah the best chioce, mengajak untuk berpoligami…
    that the point why, banyak yang kontra…
    lha di Quran sendiri, poligami bukan bentuk ideal pernikahan kok…

    nah…untuk pembimbing skripsimu itu,
    perlu juga di pertimbangkan,
    1. ketika club terbangun, ada rekrutment. sekelompok orang akan berusaha membangun kelompoknya dan memperluasnya kan?. Organisasi mana yang gak mau memperluas anggota, dan menyampaikan tujuannya ke masyarakat luas?.
    2. wacana club yang di kembangkan, tentulah untuk mengukuhkan poligami.
    Positif di satu sisi untuk menguatkan motivasi pelaku poligami menjalankan rumah tangga. tapi ada juga peluang sisi negatif, yaitu menggeser pemahaman Islam.

    lha…percaya gak Jaya, klo banyak yang dipahami masyarakat mengaku Islam ini, justru bukan pemahaman Islam, malah ada yang ekstrim, Islam tp pemahaman Injil/alkitab. tapi ya…semoga club ini tak melenceng dari Quran lah…(meski…)

    Salam
    Pera
    yang Tak anti poligami tapi anti promosi poligami dan tak ingin berpoligami.

    Terima kasih kak komentnya, masukan, saran dsb semakin menambah isi artikel ini…
    makanya jaya sertakan pendapatnya Prof. Quraish Shihab di akhir tulisan… pernyataan Prof. Fadhil jaya kira sebagai sedikit air di musim panas, karena selama ini yang kita dengar kan yang jelek-jeleknya saja tentang poligami, padahal belum ada juga hasil riset yang mengatakan kalau seluruh pelaku atau yang dipoligami tidak bahagia dan menderita.

    jika nantinya tujuan klub poligami ada unsur menggeser pemahaman Islam, barulah kita bersama-sama mempermasalahkannya…

  10. Muga-muga semoga klubnya ndang dibubarin ama MU Indon ya mas.😆

    loh kok jadi sepak bola nih ceritanya,😀

  11. Kunjungan pagi..
    sambil minum teh hangat….. dan buka2 berita di …

    http://embun777.wordpress.com/news/

    selamat datang kang…

  12. Klub poligami yg berasal dari Malaysia dah bubar kan ?

    bubar satu tumbuh seribu…🙄

  13. Poligami itu pilihan. Kalau saya sih, jangan sampai menyakiti hati istri aja. Kalo istri gak sanggup, dan juga gak ada alasan darurat untuk poligami, jangan dulu deh.

    Tapi kalo istri oke-oke aja… mmm…. hehehehe…..

    hehe… awas ketahuan istri nih komengnya

  14. selamat malam bang
    wah kalau blue bikin klub pecinta blue ada yg daftar tidak yah heheh….
    salam hangat selalu

    ada donk… yang komeng aja ratusan…

  15. wah, sepertinya saya sepakat dg Prof. Dr. M. Quraish🙂

    ada peluang poligami juga khan…

  16. wah…..

    belum minat buat poligami….

    ya, bukan nyuruh poligami koq…

  17. bunda sih lebih setuju dengan pendapat Bpk.Quraish Shihab.
    karena beliau lebih mengerti masalahnya dr sisi sosial dan agama beserta hukum2nya.
    Salam.

    Iya bun…😀

  18. Asal tidak melanggar hukum, silahkan saja ya kan…

    yup… kayak iwan fals aja

  19. Assalamualaikum…semuanya….

    seandainya…klub poligami itu bukan untuk gembar-gemborin saja, alias pengen cari sensasi gimana???
    nah lho kalau dicetusnya klub poligami itu ada alasan tersendiri dari ALLAH SWT, gmn tuh???

    kita kan biasanya cuma bisa memandang dari satu segi tidak dari berbagai segi….mungkin bisa lbh dari satu kan alasan didirikannya, bisa 2,3,4, ataupun lebih…..

    nah lho kalau misalnya ALLAH SWT memperlihatkan sesuatu yang kita anggap asing tersebut (seperti klub poligami) itu untuk kita umat paling akhir..akhir…akhir…akhir..akhir zaman ini tentang persiapan kebangkitan Islam yang kedua ini bagaimana???
    bagaimana kalau itu merupakan titik awal dari kebangkitan Islam yang diisyaratkan dan disabdakan oleh Baginda Rasulullah SAW (hadistnya)…

    apakah sempat tersadar oleh kita, (saya aja baru sadar skrg) :p ….
    nah lho apa sich yang tidak ALLAH SWT tampakkan sekarang…. semuanya telah ALLAH SWT secara gamblang kepada kita…..coba apa sich sekarang yang tidak kita lihat..banyak keanehan2 atau pertanda2…bisa dibilang pertanda2 akhir dunia…he…sudah banyak kan….

    nahh..maka dari itu..mungkin saja adanya klub poligami itu merupakan dan mudah”an menjadi titik awalnya….

    maaf kalau kepanjangan….
    maaf jg kalau comment nya ada yg tak berkenan…
    itu hanya komentar saya saja…mohon dimaafkan sekali lagi…

    makasih semuanya…
    Assalamualaikum….

    terima kasih atas komentnya, sah-sah saja koq berpendapat selama ada dasarnya. Maka kita kembali harus mengetahui tujuan awal berdirinya klub ini.

  20. ada juga ya club nya….ada ada aja…
    INFO MOBIL | INFO ALAT KOMPUTER | INFO ASURANSI | TOKO KOMPUTER

  21. Assalamualaikum lagi semuanya…

    kalau menurut saya berdirinya itu bukan untuk setiap orang dech…kayaknya buat setiap anggota nya saja…mereka tidak menarik masyarakat untuk ikut bergabung kedalam klub poilgami tersebut….

    kita seringkali salah arti, kan?
    bisa saja klub itu bukan klub2 seperti yang banyak sekarang..seperti klab malam…klab motor dan sebagainya….

    bahasa mereka kan melayu banget…. bisa saja artinya tidak seperti yang kita artikan sendiri…bisa saja arti dari “klub” itu artinya berbeda dengan bahasa Indonesia….bener kan??

    nahh…ada baiknya kita khusnudzon kepada Global Ikhwan tersebut….sebab apa…toh mereka tidak menularkan pengaruh buruk…mereka tidak seperti yang kebanyakan…mereka hanya terpublikasikan klub poligami saja kan….

    sedangkan yang lain, ada yang aliran menyimpang, dan aliran2 baru….nah itu yang seharusnya dipermasalahkan seperti aliran “Baha”… itu yang harus diwaspadai….

    balik lagi ke permasalahan akhir zaman ini….
    sekarang ini sudah mulai hijab2 yang sengaja ditutup oleh Yahudi dkk sudah mulai terbuka….
    yang melaksanakan perintah ALLAH saja sudah mulai ditentang….maka tak salahlah kalau ALLAH SWT mengirimkan kita peringatan yang bertubi-tubi…agar kita senantiasa ingat kembali kepada-Nya…

    bukankah kita telah berjanji kepada ALLAH SWT…di bumi ini kita akan menjadi khalifah-Nya dan senantiasa patuh dan tunduk kepada-Nya…

    sekarang tentang persoalan klub poligami ini….marilah kita berkhusnudzon kepada ALLAH SWT…mudah”an 2012 itu terjadi kiamat…..maksudnya terjadi kiamat untuk kejatuhan dan kekalahan Bani Israil/ Yahudi yang telah meraja lela itu…sebab…bisa kita lihat sekarang…banyak sekali yang telah mulai terbuka hijab-hijab oleh ALLAH SWT… Janji ALLAH SWT akan kegemilangan Islam kali kedua itu sudah mulai, sudah hampir, dan marilah kita bersyukur kepada ALLAH.,…karena kita dirizkikan hidup di zaman yang telah dijanjikan ALLAH tersebut….Semoga kita masih dapat hidup dan merasakan saat kegemilangan itu…. Amiin Yaa Robbal ‘Aalamiin…

    mohon maaf kepada semua saudara/i apabila ada yang salah dalam penulisan komentar saya…dan ada kata2 yang tidak berkenan di hati anda….

    saya haturkan maaf beribu2 maaf…ini hanya pendapat saya saja…apabila ada yang setuju Alhamdulillah, kalau tidak juga Alhamdulillah…karena sudah menajdi Sunatullah kalau adanya perbedaan…

    terimakasih banyak….

    Assalamualaikum….

    • mungkin sebaiknya gak usah ada klub poligami, sebab bisa mennyinggung perasaan sebagian wanita, dan bisa membuat kita semakin sombong…

  22. Kalo aq sih like this. =b

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: