Mudik dan Duit Baru

2000 baru

2000 baru

Akhirnya mudik juga. Tradisi menjelang hari raya idul fitri ini seakan pantang untuk dilewatkan. Segenap manusia di penjuru Indonesia akan berbondong-bondong memesan tiket kereta atau pesawat untuk mudik ke kampung halaman. Ada pula yang naik sepeda motor atau mobil pribadi. Momen tahunan ini juga ramai direkam stasiun televisi mulai H min sekian sampai H plus sekian. Sehingga kita bisa menyaksikan padatnya jalur lalu lintas, kemacetan dan ada juga beberapa kecelakaan yang sempat terendus kamera.

Sebagai perantau sejati, aku juga mudik dari Aceh menuju kampung halamanku yang berada di Kab. Asahan Sumatera Utara. Seperti Isra’, perjalanan malam itu dimulai dari Meulaboh, sayangnya perjalanan ini lewat darat dan membutuhkan waktu 14 jam untuk sampai di Kota Medan.

Dari kota Medan, daku bergerak menuju Kota Lubuk Pakam, tempat dimana my sister membangun mahligai rumah tangga bersama suaminya. Di sinilah aku bisa berselancar dunia maya sambil mengupdate blog secara gratis. :loll:

Saat di tengah perjalanan inilah ada kejadian lucu. Tentang duit 2ooo yang baru. Begini ceritanya…

Eng ing eng…

Aku memilih duduk di depan di samping pak sopir yang mengendali angkot supaya baik jalannya. Tiba-tiba salah seorang penumpang berteriak “Pinggir… pinggir!” Artinya kendaraan diminta menepi karena si peneriak mau turun.

Usai membayar kembalian, supir tancap gas lagi. Tiba-tiba terdengar lagi teriakan yang lebih kencang dari sebelumnya.

“Woi! Duit palsu ini. Berenti!”

Angkotku berhenti. Si penumpang yang barusan turun tadi berjenis kelamin mamak-mamak merepet-repet sambil nyodorin duit ‘palsu’ versinya.

“Tak mau aku, duit palsu ini.” Kata mamak-mamak itu. (Tak tau aku namanya, hehe)

“Hah, ini duit 2000 baru. Bukan duit palsu.” Jawab pak sopir

“Tak mau aku, tukar aja lah.”

Sopir mengalah, ditukarnya duit 2000 dengan duit 1000 sebanyak dua lembar. (Ya iya dunk, enak kali lah siย  mamak-mamak itu kalo ditukar sama angkotnya). Si mamak-mamak tersenyum lega, dan si sopir kesal bukan maen.

“Bodoh bodoh. Tak taunya dia duit 2000 baru. Dibilangnya pulak duit palsu. Sukor tak dikeroyok orang aku. Sempat dianggap orang aku tadi mengasi duit palsu, habislah aku.” tretttettt trettettt… (panjang kali kata sopir itu, tak sempat lagi merekamnya…)

Aku tersenyum geli. Ternyata masih banyak orang yang gak kenal dengan uang pecahan 2000 yang baru. Aku pun melihat yang asli baru kali itu, gara-gara kasus ini. ๐Ÿ˜€ Jika tadi yang mendapat uang 2000 itu aku, mungkin aku akan panik juga, tapi tak akan sepanik mamak-mamak itu. Bikin malu saja.

Sepertinya uang pecahan 2000 yang baru belum tersosialisasi dengan baik. Bahkan pak Sopir sendiri mengeluhkan warna uang 2000 yang sepintas mirip dengan uang pecahan 5000. Sehingga ia tidak ingin menyimpannya karena khawatir tertukar saat ingin mengembalikan uang penumpang. Kan jadi nombok tuh pak Sopir.

Tapi. Uang pecahan 2000 ini ternyata banyak juga dicari pemudik sebagai angpao untuk ponakan, cucu, cicit, anak tetangga, dan sebagainya yang pantas dianggap menerima duit pecahan 2000-an itu. Ha-ha-ha…

—————————**()()**————————–

Teman…
Ramadhan akan berakhir
Syawal akan menjelang
Daku tak dapat menjabat erat kalian satu persatu
daku hanya bisa berucap…
Selamat merayakan Idul Fitri 1430 H
Mohon maaf lahir dan batin
Dada..hhhh

Iklan

32 Tanggapan

  1. Salam silaturahim.
    Selamat mudik.
    Selamat Idul Fitri.
    Mohon maaf atas salah. Salah saya; kok baru hari ini saya mengenal blog ini.

    salam kenal juga bro, saya juga koq baru hari ini dapat komeng dari bro, ๐Ÿ™‚

  2. Selamat Idul Fitri untuk Jay dan keluarga..

    bundo mau diangpao-in sama jay uang 2000-an.. **900 lembar cukuplah ๐Ÿ˜€

    haha… masa’ yang muda kasi angpao ke yang tua…

    • Selamat bermudik ria sob,dan selamat hari raya idul fitri,
      lucu tu cerita nya,yg mungkin klo aku yg jadi ibu itu,aku juga melakukan hal yang sama,karna belum perna lht lembaran 2rb ๐Ÿ˜€

      happy idul fitri juga

  3. kemaren malah di rumah sebelah juga masih belum tahu ada duit baru 200an itu..
    Waktu itu aku bilang aja itu aslinya 20.000 tapi luntur jadi 2000
    kekekekek…!

    memang warna duitnya seperti luntur begitu

  4. ุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑุงู„ู„ู‡ ุฃูƒุจุฑ
    Mudik terus takbir… ๐Ÿ™‚
    Selamat Mudik & Idul Fitri 1430 H, mohon maaf lahir batin
    Sukses!

    salam sukses juga bang

  5. itu namanya kurang sosialisasi bang….

    btw thanks bang atas ucapan selamatnya..

    dapat dobel nih hadiahnya..hehehe

  6. jadi teringat seminggu sebelum liburan lebaran .. temen2 di kantor heboh tukar duit 2000-an .. ke bank2 .. tapi gak kebagian ..
    rasanya emang pas sih .. kl tukar 2000an tuk ponakan2 dan anak2 kecil .. gak terlalu kecil .. tapi juga gak membuat kantong bolong .. heheh ..

    Iklan Baris

    awas dibilang pelit sama ponakan, hehe

  7. Memang mamak-mamak sudah dari sononya selalu bersikap lebih hati hati, bersyukurlah kita mendengarnya, hehehe,,,
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

    itu mamak-mamak yang kritis, hehe

  8. masih sempet juga nulis sepanjang itu … ๐Ÿ™‚

    kemaren sy masih masuk kantor โ€ฆ pulang 3.30PM dari Jakarta ke Bandung naik PrimaJasa Jkt-Tasik dari Lebakbulus โ€ฆ berdiri dalam bis penuh sesak 5-8PM โ€ฆ ๐Ÿ™‚

    Baru gempa lebaran di Bali
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/19/gempa-lebaran-1430h-balijawasumatra/

    Yang mau tahu kondisi live jalan lewat kamera dari jalan mudik boleh mampir ke sini

    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/17/video-live-h-3-siang-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jalur-utara-selatan-jawa-merak/
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/17/video-live-h-3-siang-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jawa-tengah-solo/

    Yang mau mudik naik mobil pribadi boleh mampir ke blog saya
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/15/tips-mudik-mobil-pribadi-bandung-malang-lewat-jalur-tengah-jawa/

    Buat rekan2 yang mau berikirim2 ucapan Idul Fitri, boleh mampir ke tempat saya,
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/14/kirim-sekarang-ucapan-idul-fitri-anda/

    atau jika sempat main ke blog saya ttg wisata alam:
    -http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-1/

    ati2 gempa saat lebaran:
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/17/hati-hati-gempa-lebaran-1430h-sumatra-jawa/

    salam kenal ๐Ÿ˜†

    salam kenal kembali, rajin banget ya nulis komeng sepanjang ini

  9. selamat hari raya idul fitri
    dah pada nukar uang pecah ya? ๐Ÿ˜€

    uang kertas koq, ๐Ÿ˜€

  10. wah kalau dah ada duit baru uang logam gak kepake lagi neh

    kepake dunk, buat kerokan

  11. hahaha…benar Bang masih banyak masyarakat yang belum tahu keberadaan uang baru tersebut karena kurang sosialisasinya ๐Ÿ˜€ belum lama aku juga mengalami hal serupa dan itu ku alami sendiri..seorang pedagang es di pinggir jalan histeris mengatakan “Mas..ini uang apaan..??” tepat di depannya sebuah masjid kontan orang-orang menengokkan wajah mereka kearahku sebelum melaksanakan shalat Maghrib..hehe dan untung si pedagang akhirnya senang mendapat uang baru tsb… ๐Ÿ˜€

    gimana Bang sudah sampai di kampung halaman ?? salam untuk keluarga

    -salam- ^_^

    Sudah dunk, selamat memakai duit baru, ๐Ÿ˜€

  12. Assalamu’alaikum,
    Untuk lisan yang mungkin telah salah berucap, untuk prasangka yang kadang timbul dihati. Untuk komentar yang kurang berkenan yang mungkin pernah saya berikan, dengan setulus hati, saya mohon di maafkan lahir batin. Saya dan keluarga mengucapkan, Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1430 H. (Dewi Yana)

    marilah kita saling memaafkan

  13. Selamat Hari raya lebaran 1430H
    Taqabalallahu minna wa minkum
    Mohon maaf lahir dan bathin

    indahnya idul fitri

  14. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Bang Jaya, Bunda mohon maaf lahir dan bathin,
    atas segala kekhilafan dan kata2 yg kurang berkenan,
    baik dlm memberikan komentar maupun posting.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H.
    salam.

    Samasama bunda, happy idul fitri ya

  15. Slmt hari raya Idul Fitri 1430 H jg ya mas…
    Mhn maaf lahir dan batin…
    ๐Ÿ™‚

    sama sama

  16. Met Idu Fitri mas..
    Muga dosa2 qta smW d ampuni 4JJ1 swt,amieen…hehe ^_^
    salam kenal!

    salam kenal kembali

  17. selamat Lebaran ya…

    btw, sampai skg saya belum juga liat duit 2000an itu.

    liat aja di gambar postingan ini, haha

  18. Sekilas, aku suka dgn uang baru pecahan duaribu ini…
    Kebetulan baru dapat koleksi sekitar duapuluh ribu…hehe
    Met mudik, met lebaran yaaa…
    Minal Aidin wal Faidzin… Mohon maaf lahir dan batin… Salam hangat dan damai selalu…

  19. bang paung.minal aidzin wal faidzin yah,,,,,,
    kapan mulai ngeblog lagi,,,kangen neh

    kangen ya, uhuy ๐Ÿ˜€

  20. hehhe hehe heee,,duit palsu,,,

    pasti nyimpen juga kan??

  21. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H.Minal โ€˜aidin wal faizin.
    Setulus hati kami sampaikan Mohon Maaf Lahir dan Batin , untuk kesalahan dalam tulisan ataupun dalam komentar kami dan segala hal yang mungkin tidak berkenan di hati saudaraku tercinta , yang selama ini bersama sama dalam canda ria dalam tali persahabatan yaitu dalam satu wadah kebersamaan yang indah dari berbagai Suku , Ras dan Agama yang berbeda ! tapi tetap kokoh dalam Cinta , Damai , dan Kasih Sayang.

    betul betul betul… ๐Ÿ˜€

  22. Late, selamat idul fitri nih, salam …

    salam kembali

  23. Belum balik dari mudik ya mas ๐Ÿ˜€

    udah donk, saatnya blogwalking lagi

  24. wakakaaka…. aduh ngakak baca si sopir angkot merepet. iyalah pulak, namanya ibu itu tak tahu, takut dia. saya jg baru dapat kira2 2mgg puasa.
    tp saya simpan saja di laci lain sOalnya blm hapal, takut salah kasih wkt mo bayar-2…. klo suruh milih ya mendingan uang 1000 aja lah..

    sopir angkotnya pasti sodara mbak zee, hehe

  25. Hehehe… ada2 aja. Sosialisasi uang barunya belum sukses berarti ๐Ÿ˜€

    ya begitulah, haha

  26. Minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir bathin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H bagi sahabat โ€“ sahabat blogger sekalian kiranya ada komentar atau postingan yang tidak berkenan dihati kiranya dapat untuk dimaafkan.

    sampe skrg sya blun pnya uang baru ntu nih… ga tw npa hhhe

    salam

    tuker aja di bank, haha

  27. hehe, di sini di kampungku udah pada lomba-lomba ngumpulin duit baru….
    padahal nanti juga dijual dibelikan beras…….
    hihi.. maklum orang kampung

    ya kan bangga beli beras pake duit baru ๐Ÿ˜€

  28. pa caar bang
    wah oq blue tak dikirinin uang barunya hehehe.
    salam hangat selalu

    kabar baik… mau dikirim berapa ikat nih ๐Ÿ˜€

  29. keponakan saya saya kasih uang baru pecahan 2 ribuan. sampe sekarang nggak dibelanjakan… senang sekali dia…

    apalagi kalo dikasi uang 20 ribuan, hehe

  30. he…he…ngopo…to…mikirin duit anyar…

    anyar = baru

    biar seru aja

  31. Cocok tuh uang 2000 dijadikan angpao

    yap setuju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: