Nyabu di Kota Tauhid-Tasawuf

Ada banyak hal baru sebenarnya yang pengen ditulis, tapi kesibukan yang menghimpitku dari segala arah, halah… membuatku tak dapat memainkan jemari ini di atas tuts keyboard yang udah tak nampak lagi alfabetnya.

Jadi dari pada gak update blog ya terpaksa maksain nyari ide apa yang pengen ditulis aja. Untuk yang pertama ini aku mau cerita sesuatu yang baru di kota perantauanku ini.

Kemarin (7/9) Pemkab Aceh Barat telah meresmikan kota Meulaboh sebagai Kota Tauhid-Tasawuf. Aku belum tau pasti apa yang melatarbelakangi pemberian nama tauhid-tasawuf, barangkali ini implikasi dari penetapan syariat Islam di Aceh dan pemkab ingin wilayahnya menjadi lebih agamis.

Jika pemberian nama ini berlandaskan niat yang baik untuk penetapan syariat Islam yang kaffah, tentu harus didukung donk. Apalagi di sela peresmian itu Bupatinya bilang pada tahun 2013 tidak ada lagi pakaian ketat. WOW! Mungkin nanti toko-toko dilarang jualan pakaian ketat dan yang sudah punya pakaian ketat puas-puasin dah makainya sampe menjelang tahun 2013. Hehe… Pasti kaum hawa banyak yang gak rela nih, kalo celana botolnya gak boleh dipakai lagi. Bakal jadi kain lap tuh.

Tapi kebijakan yang diambil pemkab itu tampaknya belum bisa diterima seluruh masyarakat Aceh Barat, beberapa LSM di Aceh Barat malah menganggap pemberian nama itu hanya untuk kepentingan politik kelompok tertentu (Serambi, 17/9). Tidak jelas siapa sih kelompok yang dimaksud. Tapi biarlah… Kucari yang lain… Nananana…

Kota Tauhid Tasawuf by: Jaya

Kota Tauhid Tasawuf by: Jaya

Oh ya, gambar ini diambil saat lagi ngabuburit loh. Tau gak apa tuh ngabuburit…

Ngabuburit itu berasal dari dua kata, yaitu Ngabu dan Burit. Eh, nggak ding… Ngabuburit itu sih katanya berasal dari Bandung, yang maknanya jalan-jalan sambil nunggu berbuka puasa. Kalo istilah aku sih beda. Aku pake istilah Nyabu aja.

Koq Nyabu?

“Iya. Nyari Bukaan gitu loh…

Emang kalo udah sore sebelum pukul 17.00 Para Pencari Tuhan Bukaan yang terdiri dari Ogawa dan Khaidir – mereka berdua itu sohibku yang ganteng dan rajin suit-suit kalo ada cewek cakep yang lewat – akan menyusuri kota Meulaboh untuk mencari bukaan.

Untuk nyari makanan berbuka aja, bisa menghabiskan waktu sampai satu setengah jam dengan tiga titik lokasi yang berbeda dengan makanan yang berbeda. Satu lokasi untuk beli gorengan, satu lokasi untuk beli minuman seperti air tebu misalnya, dan satu lokasi lagi untuk beli kue basah, bukan tisu basah loh…

Nah, yang paling menyenangkan buat keduanya saat membeli kue basah. Bukan kuenya itu loh yang istimewa, tapi penjualnya itu loh. Hahaha… Akhirnya jadi langganan tuh. Ini snapshotnya.

nyaribukaan

nyaribukaan

Hoaaaahhhh…

Barusan dapat kabar baik, kata temen di milis, Tipi bang One akan nyiarin Liga Spanyol, Alhamdulillah, akhirnya bakalan bisa nonton tetanggaku main bola, kayak Kang Kaka, Si Crisno dan Bang Raul. I love Real Madrid fullllllll…. sampe luberber.

38 Tanggapan

  1. kota yang indah
    penasaran pengen mengibnjakkan kakiku di sana🙂

    segera bro…😀

  2. selamat berbuka puasa.

    yang penting ntar malem nonton MU😀

  3. ah, sebenarnya jay antusias juga pengen kenal sama yang jual.. buktinya, ini yang foto pasti jay😀

    semoga suatu saat bundo sempat menginjakkan kaki di Aceh, amin..

    haha… Bundo tau sajo
    datanglah ke Aceh bUNDO, ntar saya sambut dengan karpet merah🙂

  4. semoga bisa berkunjung…

    semoga

  5. heheheee……..
    aduh istilahnya itu lho, celana botol kekeke…….

    di sini nyebutnya gitu mbak

  6. Semoga ini bukan bentuk pemaksaan norma dan nilai. Saya takutnya seperti jaman orba dengan P4-nya. Gencar disosialisakan tapi ternyata hanya menjadi sekedar simbol saja.

    lah, ini sosialisasi aja belom. Udah diresmikan duluan

  7. Meulaboh gimana kabarnya pasca tsunami ya? Semoga sudah membaik dan tidak menyisakan trauma bagi penduduknya

    salam mampir ke blog kami

    Meulaboh sekarang sedang membangun, kalau trauma angkanya kecil sekali, karena penduduk juga tidak kapok berumah di tepi pantai. Anak-anak juga sudah senang mandi di laut.

  8. istilah yang aneh, kira-kira pemkab nya paham ga yach hehehe
    gue aja yang bukan santri aja aneh. mestinyakan Tauhid VS Tasawuf. di smp diajarin bedanya kok
    tapi btw terserahlah. bukan urusan gue juga, apalagi kalo politik
    salam kenal ya bro

    Gitu ya, saya kira Tauhid dan tasawuf itu sohib deket🙂
    salam kenal kembali

  9. Waw aku baru tau ni arti dari ngabuburit itu,biasanya cuma dengar aja tapi bengon kaga tau artinya.

    Melamar jadi publsher google adsense dengan operamini

    iya, negeri kita emang kaya bahasa

  10. Saya mengucapkan, mohon maaf lahir dan bathin, selamat hari raya idul fitri 1430 Hijriah, 2 minggu saya mudik ke kampung halaman tercinta, ^_^…V terima kasih sobat miss you

    hati-hati ya mudiknya, met idul fitri juga

  11. ehem, tepe nih critanya🙂 hahahaha….

    haha, mo ikutan ya

  12. Kapan ya ane bisa sampai di Aceh mas?🙄😆 (ngimpindotcom)

    kalo ada kemauan pasti ada duit, hehe

  13. Semoga cita2 itu tidak kandas ya mas.maklum berat tampaknya yang akan disandang kota itu.
    Salam hangat dari Surabaya

    apalagi bagi para penduduk kota itu🙂

  14. saya penasaran juga dng nama Kota Tauhid-Tasawuf… membaca artikel sampai habis… eh.. kok ternyata cerita jack kenalan dng penjual kue basah…😀

    Maaf Pak Gus, lain kali kalo udah cukup referensi akan dibahas full deh🙂

  15. Tertunduk ku dimalam ini
    Terdiam mencoba berucap nada CINTA
    Alunan Zikir alam semesta sayup terdengar
    menyapa mesra diri lemah tiada daya
    kudengungkan dalam qolbu terdalam
    Nyanyian pengagungan dan penyembahan
    Hadirkan diri dalam CINTA membara
    Perlahan tapi pasti getar menyambut
    Bagaikan gelombang membuat diri tergetar
    Hanyut sudah dalam buaian syahdu
    Diri hilang lenyap dalam pangkuanNYA
    Terang benderang padang terawangan..
    hilang.. lenyap.. tiada keberadaan..

    doooooh nikmaaaaatnyaa

    Terima kasih syairnya Kangboed, semoga makin menambah spirit menjalankan ibadah puasa

  16. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    Salam cinta juga Kang Boed fulllll

  17. Sebelum Ramadhan Berakhir
    Sebelum Koneksi Internet Lemot
    Dan Sebelum Ga Sempat Online karena harus kesana kesini
    Saya Ucapkan Met Idul Fitri 1430 H, Taqoballahu Minna Wa Minkum, Semoga Amal Ibadah Kita diterima Alloh. Amin

    jangan lupa berzakat ya, hehe

  18. Kapan ya bisa ke sana ? wah..andai saja….🙂

    asal ada ongkos aja,hehe

  19. met lebaran yach..mohon maaf lahir dan bathin🙂

    sama sama, met idul fitri juga

  20. ooaalalah..saya kira apa tho..sampai kaget baca judulnya. Koq puasa-puasa pada ada yang nyabu..kalo gitu, saya juga sering nyabu donk ..wekkekek:mrgreen:

    ya gitu deh, :loll:

  21. malam bang
    blue datang menyapa abang
    semoga sehat selalu ya

    alhamdulillah tetap sehat
    makasih ya udah berkunjung

  22. Mau dunk ke sana…..🙂
    Selamat & SSuksesss terusss!

    ayo, pinjem karpet aladin

  23. Malam Bang Jay..maaf Bang baru bisa kunjung lagi nihh.😀

    sudah sejak dulu kala aku mengagumi aceh..dan kini aku makin kagum dengan julukan itu Bang semoga di 2013 nanti semua elemen masyrakat sana bisa menerima kebijakan tersebut ya Bang..

    wahh tak terasa kita sudah berada di penghujung Ramadhan ya Bang..
    Dan di penghujung Ramadhan ini, banyak kata yang membawa khilaf dengan hati yang berprasangka, Minal Aidin Wal Faidzin mohon dibukakan pintu maaf Lahir & Bathin

    Met Idul Fitri 1430 H

    -salam- ^_^

    Bener, moga masyarakatnya bisa menjaga marwah daerahnya…
    Met berlebaran…

  24. HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRR

    wah, telat

  25. MENGUCAPKAN SALAM KEPADA SAHABAT

  26. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuullllllllllllllllllllllllllllllll

    salam cinta juga kangboeddddddddddddddd

  27. Waah.. madridista juga ya.😀

    Salam kenal. Hala Madrid!!! Vamos Madrid!!!

    Mohon maaf lahir dan batin🙂

    yup… hidup madridista

  28. ada kejangalan antara kota meulaboh yang akan diresmikan sebagai kota tauhid tashawuf. dan realitas masyarakat.

    apakah sudah ada upgrade terhadap pemahaman keislamnya masyarakat apa hanya sekedar simbolisasi agama yang memang sudah terlanjur sebagai serambi mekah. namun dari berbagai cerita yang ada kok sepertinya belom layak di pakai sebagai kota tauhid tashawuf.

    semoga ini menjadi pemacu pemda setempat dan masyarakat untuk terus bisa mengembangkan diri kearah yang lebih baik

    kesempatan kita tingal dua hari lagi, semoga menjadi hari terindah dalam romadhon dipenghujung hari.

    mohon maaf lahir batin TaqobaLLahu minawaminkum..taqobaLLahu ya karim

    apa yang abg bilang itu benar adanya, pemahaman masyarakat soal syariat Islam belumlah benar, sehingga penerapannya kadang mendapat tantangan sendiri di masyarakatnya. Seharusnya sosialisasinya dulu yang diutamakan

  29. Aneh tahun 2013 tidak ada lagi ijin buat baju ketat. Tapi kenapa tidak ada larangan buat pemuda bersiul-siul kalau cewek lewat?

    kalau ceweknya pakai busana muslim yang benar ntar juga gak disiulin lagi🙂

  30. baca-baca sampai akhir.
    alinea terakhir yang OOT itu adalah kabar yang luar biasa😀
    laliga laliga laliga🙂
    untuk syariat atau kebijakan apapun namanya memang bagian dari tarik ulur kepentingan politik saja. kita kutu kupret hanya bisa ngikut ajah.

    semoga saja syariat itu benar-benar lahir dari iman yang ada dalam dada umat
    suka laliga juga ya bang

  31. Bulan Ramadhan sebentar lagi kita tinggalkan.
    Bulan yang penuh ampunan dan rahmat.
    Bulan dimana kita mensucikan diri
    Dan tibalah saatnya menanti hari yang Fitri

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin
    Bila ada tulisan maupun komentar yang salah mohon di maafkan.

    mari sambut hari kemenangan, minal aidin wal faizhin

  32. Kedal ing rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

    artiye opo…………

  33. Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    maaf lahir batin kangboeeeedddddd

  34. Mantap bener tulisannya, dan analisa abdi banyak benernya, tauhid tasawuf hanya dijadikan komoditi politik oleh pihak2 yang sedang berkuasa di aceh barat.

    niatnya mau positive feeling🙂

  35. bubur yaaaaaaaaaaaaaa

  36. lucu tp penuh hikmah…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: