Alasan Tidak Nyontreng

Pemilihan Presiden (Pilpres) 8 Juli 2009 ini aku tak nyontreng lagi. Bukannya tidak mau atau sengaja ingin golput. Tapi aku sedang diperantauan dan tak memungkinkan untuk pulang ke kampung halaman hanya gara-gara ingin menyontreng.

Memang Mahkamah Konstitusi telah memutuskan bagi setiap orang yang sudah berhak memilih dan tidak terdaftar di DPT dapat menggunakan KTP-nya untuk menyontreng. Namun, si pemilik KTP hanya bisa menyontreng di tempat yang sesuai dengan alamat di KTP-nya. Nah, karena saya diperantauan, sedangkan KTP yang saya punya dibuat di kampung halaman, otomatis saya tak masuk kualifikasi untuk menyontreng.

Kenapa ya MK memutuskan demikian? Berapa banyak jumlah orang-orang diperantauan yang tidak terdaftar di DPT, sedangkan mereka hanya punya KTP dari kampung halamannya. Tentu banyak yang “tidak sengaja” jadi golput karena kendala tersebut.

Aku bisa saja pulang ke kampung halaman untuk menyontreng. Tapi kalau dipikir-pikir, berapa dana yang harus kuhabiskan hanya untuk bela-belain nyontreng salah satu nomor dari ketiga capres tersebut. Untuk ongkos pulang pergi uang yang kuhabiskan bisa lebih dari Rp 500.000.- (lain ceritanya kalo pemerintah mau mengganti ongkos PP itu)๐Ÿ˜€

Alasan kedua, kemungkinan pilpres akan berlangsung dua putaran (sok jadi peramal nih :)), jadi kemungkinan akan ada kesempatan untuk ikut nyontreng pada putaran ke-2.

Bagaimanapun dalam hati kecilku, aku menyesal tidak ikut menyontreng lagi. Karena dari ketiga capres itu, tentu ada yang kuharap bisa membawa perubahan besar bagi bangsa ini, perubahan ke arah yang lebih baik. Sayang sekali aku tak bisa memberinya satu suara yang sangat berarti ini…๐Ÿ™‚

Ternyata diperantauan ini, tidak hanya aku sendiri yang tidak bisa menyontreng. 8 (delapan) orang rekan kerjaku mengalami permasalahan yang sama. Tidak terdaftar di DPT dan tidak punya KTP di daerah setempat.

Inilah kisah nasib anak bangsa yang hak-haknya kembali terabaikan…

“Husss!!! Kenapa dari sebelumnya nggak lapor ke Kepala Desanya ya, biar dimasukin ke DPT. Katanya sih bisa begitu.”

“Udah lah, udah telat…”



40 Tanggapan

  1. Ya sudah, apa mau dikata lagi… sebenarnya, kalau anda pasti punya niat memilih kan?
    Dukung saja siapa yang terpilih

    Ya, benar. Memang harus didukung. Semoga sang pemenang bisa menjalankan amanah dengan baik

  2. gw sengaja gak pilih… dan mnrt gw itu jg salah satu pilihan loh!

    iya ya, memilih untuk tidak memilih…

  3. Salam kenal ya…
    Saya prihatin, ternyata masih juga ada sebuah masukkan lagi untuk isu DPT.

    salam kenal kembali mbak

  4. waahh… iya juga ya. jadi aneh kalo gak nyontreng karena lagi di perantauan.

    btw, gw gak nyontreng juga nih! TOS!๐Ÿ˜€

    Aku sedih karena gak nyontreng, diaz malah senang gak nyontreng, tapi TOS juga lah..๐Ÿ™‚

  5. Entar kalo saya jadi capres saya bayarin ongkos kamu buat pulang nyontreng he,he,he

  6. Entar kalo saya jadi capres saya bayarin ongkos kamu buat pulang nyontreng he,he,he๐Ÿ˜€

    wahaha… saking semangatnya mo bayarin sampe kirim dua koment yang sama

  7. Waduh, sayang yaa….

    Tapi toh pekerjaan untuk kehidupan jauh lebih berharga….daripada sekedar pilpres….( it’s my mind!)

    Life is struggle…but struggle make up you become a wisdom!

    saya setuju lah…๐Ÿ˜€

  8. Alasan yang kedua tidak terbukti…, karena kemungkinan sekarang hanya satu putaran…
    hehehe…selamat ya ngga’ nyontreng…, sama denganku…

    iya, SBY menang telak… selamat dah buat pak Presiden. Selamat juga buat Mas Tuyi yang mengikuti jejakku.. haha

  9. ternyata nasib yang ku derita, ada pula yang menyamai nya. memang nasib orang, siapa yang tahu . . .

    marilah kita sama-sama menyanyikan lagu the nassib

  10. minimal dukung do’a deh mas, biar sang presiden terpilih nanti dapat memenuhi janji2nya
    kita senasib kok, aku jg ga nyontreng, krn di dpt namaku nihilll,…

    ada yang namanya double2, ada yang malah tak tercantum namanya, ada yang sengaja gak mau milih… macam2 lah rakyat indonesia ini

  11. Nah, pake formulir c4 kan bisa mas.. Meskipun ktp nya gag dari daerah stempat.. Tapi sbenarny ku juga golput.. Soalny blum cukup umur geto…

    apa pulak c4 itu, kayak nama bom itu ya…๐Ÿ˜€

  12. Aku contreng..gbr dirimu..
    Aku celup jari lentik ke tinta biru..
    Aku keluar dari tenda warna biru.uuuu..
    Aku tinggalkan senyum dg sedikit malu malu..
    Aku puass.. krn tlah mencontreng Jidatmuuuuu…
    hanya boleh saat pemiluuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    aku gak tahuu … lbh dari separo gak ikut pemilu..
    uuuu…uuuu…uuuu…

    aku pergi buru buru..
    karena hrs berburu doku…
    gituuuu ๐Ÿ˜†

    keren banget komentarnya
    membuat diriku terkesima
    aaaa…aaaa….aaaa

  13. oya.. , omong2 link nya dah kupasang lhoo..mas..
    Trims.., mauliate..

    Oke… sebagai saudara, kita harus saling memasang…๐Ÿ˜€

  14. yang penting, SBY tetap dihati kan?

    SBY ya tetap di istana bro… wong dia terpilih lagi

  15. perjuangannya kurang niy…
    tunjukan dunk perjuangannya, sapa tau dengan 1 suara bisa membawa iindonesia menjadi lebih baik he he he
    lanjutkan!!!

    iya,, perjuangannya kurang duit

  16. ya iyalah gak nyontreng! masih 14 taun mahh… dapet makanan doang. hahaha…

    ya ampun… jadi ke TPS mau cari makanan doank… Hehehe

  17. kalimat terakhir bener, tuh.
    jadi tidak alasan untuk protes karena tidak masuk DPT :-p
    sebenarnya kalo kita concern dengan program KPU, sudah jelas tahapan-tahapannya yang bisa kita ikuti untuk mensukseskannya. tapi kita termasuk di dalamnya tim sukses seolah-olah baru sadar pada saat memasuki lap terakhir.
    capee dehh…
    *dari aku yg tidak mencontreng dgn alasan sama๐Ÿ˜€

    Mantap sekali analisa bro ini.. haha

  18. Met sore.. Maaf OOT..
    Saya minta dukungannya di kontes ngeTop ngeTren yaa sob.
    Caranya gmpg banget,, cuma pokoknya kasih komentar di postingan saya..
    Makasih sebelumnyaa..๐Ÿ™‚

    met malam (udah malem di sini)
    baiklah kalau begitu…๐Ÿ™‚

  19. ambo juga blom nyontreng mas

    udah kelar koq pilpresnya…๐Ÿ˜€

  20. Numpang lewat mas

    silahkan, awas kecebur got

  21. gak punya kartu pemilih๐Ÿ™‚

    gak daftar juga

  22. Waaakaakakakak.. gak apa apa toh mas santai saja kalau mau di contreng silahkan nanti saya contreng yaaaa
    Salam Sayang

    udah dapet satu suara nih.. haha

  23. nyontreng mukanya pak kost aja….
    turut prihatin deh aq, kalo merantau jangan jauh jauh mas, … untung mas masih tahu jalan pulang….

    moso’ merantau dekat-dekat…๐Ÿ˜€

  24. aku malah kebalik
    KTPku Bogor, trus pulang kampung ke Ciamis
    Dan ternyata di sana gak bisa nyontreng karena KTPku Bogor๐Ÿ™‚

    haha… harusnya nyontreng dulu di Bogor kan, baru balik ke Ciamis

  25. contreng tidak mencontreng yang penting lanutgan saja .. hwhehehe๐Ÿ™‚

    anti JK ya… hoho

  26. tenang mas kalau masalah golput saya juga kok… jadi ada temennya hehe

    banyaknya blogger yang golput

  27. sebenernya kalo ga nyontreng juga gak papa sich, kan uda terwakilkan ama DPT fiktif yang menyebar di indonesia๐Ÿ˜€ hehehe

    tapi kan beda pilihan..๐Ÿ˜€

  28. itulah realita yg terjadi di pemilu kita ini sobat…tapi mudah2an Pemimpin yg terpilih tetap punya hati utk membawa rakyat Indonesia ke masa depan yg lebih baik

    setuju… hari depan harus lebih baik dari hari ini yaaa

  29. Senasib…gak terdaftar di DPT……

    nasib buruk koq banyak ya pengikutnya… hoho

  30. golput jg satu hak dalam demkrasi.
    y pntg ttp dukung y terpilih selama tdk menympang

    gak kayak Gusdur, gitu kan maksudnya…

  31. SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    So sweeeeeeeettttttt

  32. ya bener, kalo bisa ya nyontreng, kalo misal gak bisa ya jangan dipaksa2 mudik ato gimana hehehe…
    mbuhlah..

    hehehe… mantabbb

  33. telad nih gue ….

    udah telat berapa bulan mbak… hehe

  34. Wah sayang sekali ya.
    tp emang iya sih, saya juga kemarin menyayangkan temen2 di perantauan sini yg ga bs nyoblos krn blm ada ktp Jkt.
    Sayang kan suara2 perantauan yg ga kepakek, bisa nambah2in suaranya SBY kan๐Ÿ˜€

    SBY udah kebanyakan mbak

  35. bang.ditunggu up date nya…….

    kirain ditunggu lamarannya…hoho

  36. ah kalo aku sih tak sengaja gak nyontreng. MALESS!!

    rasanya saya cuma di bodohi ama orang2 kelas atas saja. Dan saya belum pernah ngeliat pemimpin yg nepati janjinya.
    malah yg terdengar cuma tentang korupsi. KKN DLL, halah entah apa-apa entah,

    kok jadi apatis bro… sabar bro๐Ÿ˜€

  37. hmmmm… mamaku stroke, jalannya suseh tapi semuanya masih normal๐Ÿ˜›, nggak bisa ke TPS.

    “mama nitip… dititipin nggak boleh ya?”

    “nggak bisa,” jawab petugas.

    “kalo gitu nanti petugas datang ke rumah?” tanyaku lugu.

    “nggak…”

    1 suara terabaikan. padahal mama udah nitip pilihannya ke aku…๐Ÿ˜ฆ hiks..

    kok nangis, kan udah ada pemenangnya…

  38. sssttt jangan banyak alasan apdeeeeeeeettttttttttttttttt
    Salam Sayang

    Siap segera kang… hoho

Tinggalkan Balasan

