Hikmah Lari

lari - abdi jaya's weblog

lari - abdi jaya's weblog

Sang Pencipta telah memberikan sepasang kaki kepada manusia yang tentu saja sangat berguna untuk menjalankan aktivitas yang membutuhkan pergerakan dari satu tempat ke tempat lain. Bahasa mudahnya sih berjalan dan berlari.

Nah, tadi pagi aku begitu sadar akan hal ini. Setiap ba’da subuh, biasanya aku langsung memeluk bantal guling lagi, memejamkan mata berharap tertidur dan mimpi indah. Sisa-sisa ngantuk pun masih terasa karena bergadang. Namun, entah kenapa aku merasa ditegur oleh sifat baik diriku.

Hoi hoi… Tidur aja kerjamu. Kan, masih ada aktivitas lain yang lebih bermanfaat dari sekedar tidur.” Begitu dia bilang.

Aku duduk menyandar di kamar. Mau baca buku, gak minat. Mau nonton dvd, kepagian. Mau boker, belum sesak. Enaknya ngapain ya…

Oh… aku tersentuh perutku yang membusung dengan gagahnya. Kenapa gak lari pagi aja, siapa tau bisa merampingkan perutku dan tentunya menyehatkan tubuh jika berolahraga pagi hari. Aku bergegas keluar. Kulihat Di langit bulan masih terang benderang menari-nari bersama bintang. Hawa dingin menyapu tubuhku saat kujejakkan kaki ke jalan aspal. Akupun menggerak-gerakkan kaki dan tangan, lalu berlari-lari kecil menembus dinginnya pagi.

Jarak tempuhku tidak jauh, paling-paling cuma 500 meter dari mess ke simpang jalan, lalu balik lagi. Begitulah seterusnya.

Yang istimewa dari lari pagi yang kulakukan, kutemukan kehidupan pagi yang selama ini barangkali luput dari perhatianku. Sepanjang jalan itu aku berselisih dengan orang-orang yang baru pulang dari mesjid, kelihatan di kepala mereka masih ada kopiahnya. Ada tukang becak yang begitu melewatiku tercium aroma ikan asin yang menyengat. Ada ibu-ibu yang membawa keranjang, sepertinya mau ke pasar. Ada tetangga yang sibuk menaikkan berikat-ikat goni ke dalam mobil pick upnya, kebiasaan rutin sebagai pedagang pakaian di pasar dan ada pejalan kaki yang entah mau kemana.

Setiap melewati orang yang kutemui di jalan aku menegur sapa mereka walau cuma sekedar say “Pak…” “Bu…”. Tapi ternyata ada keasyikan tersendiri, karena mereka membalas sapaku dengan senyuman. Ada juga sih yang terheran-heran. Mungkin dia pikir, “Siapa nih orang SKSD“. Tapi gak papa lah. Kalo tiap pagi kebiasaan ini dilakukan kan lama-lama jadi kenal. ๐Ÿ˜€

Manfaat lari pagi yang kurasakan, selain asyik. Lari ternyata punya manfaat yang besar untuk kesehatan kita lho. Dari jalan-jalan di situs Hidayatullah.com aku menemukan kabar baik kalau lari itu mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit gangguan syaraf seperti Alzheimer. Selain itu lari ternyata dapat memperpanjang usiarata-rata 20 tahun dibandingkan dengan orang yang tidak pernah lari. Ini hasil penelitian loh.

Makanya kalau pengen panjang umur, segera perbanyak lari. Mau lari pagi atau lari sore kayaknya sama manfaatnya, apalagi larinya sambil zikir. Selain menambah umur, juga menambah pahala. Asal jangan lari kawin alias kawin lari aja. Ini berbahaya bagi kesehatan jantung keluarga… ๐Ÿ˜€

Manfaat lari juga begitu besar dirasakan bagi para pencuri atau pencopet yang ketangkap basah. Lari adalah satu-satunya cara menyelamatkan diri dari tangkapan orang-orang yang mengejarnya dan juga menyelamatkan hasil copetannya. (Hewew… ini cuma intermezzo aja)

Setelah kutau manfaat lari yang begitu besar, aku berjanji pada diri sendiri untuk lari setiap pagi. Semoga kebiasaan ini diikuti teman-temanku. Gak enak juga kalo lari-lari seorang diri.

Selang 15 menit aku berlari-lari kecil. Aku kembali ke mess. Usai membersihkan diri di kamar mandi, aku kembali mendatangi peraduanku dan memeluk erat gulingku. Hoaaaahhhhh… : /

Iklan

21 Tanggapan

  1. kalo ada bom juga biasanya kita lari. entah itu bom nuklir dari Korea atau bom hebat dari Pantat… hehe.

    sebelum di bom donk larinya ๐Ÿ™‚

  2. selamat sudah bisa berlari.
    ditunggu laporannya lagi minggu depan, menjadi rutinkah atau pagi kemarin karena sedang kehabisan obat saja ๐Ÿ˜€
    salam kenal

    nggak minggu depan aja bro, tapi tiap hari nih… ๐Ÿ˜›

  3. Berlarilah sebelum kau tak dapat berlari….
    Tapikan cpe jga klo harus lari melulu……..
    hahaha

    kalo udah cape ya berhenti neng… ๐Ÿ˜›

  4. Lari pagi wadduh kayaknya hal yg satu ini belum pernah aku lakuin selama hidupku,gmana mau lari pagi,pada pagi hari aktifitas saya pergi ke sawah yg jaraknya sekitar 1km.aku anggap itu pengganti lari pagi/jalan pagi aja.

    wah mulia banget pekerjaannya ๐Ÿ˜›

  5. tapi jangan lari dari kenyataan ya bang ntar susah lagi ……..
    ๐Ÿ˜€

    haha… jenis lari juga tuh ya

  6. ternyata lari bisa di lakukan oleh semua kalangan dan manfaat yang di dapatkan juga berbeda-beda, tergantung prifesinya…

    agree ๐Ÿ˜€

  7. Yupz. . .smua bisa sehat klo mw lari pagi, tapi perut ga blh kosong tuh, minimal air putih dlu seteguk yah bang ?

    wah, makasih ya udah diingingetin

  8. Besok lari kita Jay?tapi yg jauh dikitlah..keliling kota kita sampe simpang pelor?mau?

    siapa takut…

  9. murah meriah ga perlu biaya gede

  10. jangan! ntar pas lari malah ke-bom… hehehe

    dutt

    ah… Bilang aja takut lari pagi-pagi kan, takut penyakitnya kambuh… ๐Ÿ˜€

  11. katanya lagi juga bisa memperpanjng umur ya???
    ๐Ÿ™‚

    ya mas… seperti yang aku tulis

  12. Lari…lari…dan lari….??? Selamat anda sudah melakukan olahraga yang murah tanpa bayar alias gratis…tis…!!! Selain gratis juga banyak manfaatnya untuk kesehatan,. Thanks

    ayo ikutan bro…

  13. lari dari masalah kayaknya bukan y terbaik..
    apalagi dg istilah guru kencing berdiri murid kencรฌng berlari lari..

    mat lari pagi bos..

    kalo masalah memang harus dicari solusinya… walau dengan berlari… hehe

  14. lari – lati dulu ahhh

    awas jatoh ya ๐Ÿ˜›

  15. rasanya udah 3 tahun aku ga lari pagi ๐Ÿ˜€

    mulai sekarang lari pagi dunk ๐Ÿ˜›

  16. Iya memang benar, lari pagi itu banyak hikmahnya, dari pada tidur setelah sholat shubuh, mending kalo tidaka ada kegiatan lain lari aja, udara dipagi hari juga masih bersih!

    wah, banyak pendukung nih… makasih ya ๐Ÿ™‚

  17. jalan2 mas… nyari ilmu.. ๐Ÿ™‚

    moga ketemu sama si ilmu ๐Ÿ™‚

  18. Jiaaaaah
    Ujung-ujungnya moLor lagi yah

    Mantap beneeeeer
    Saya jadi pengen ikutan ah

  19. haduh…masih saja berperang dengan rasa malas nih….

    kata orang dulu, rajin pangkal pandai, malas pangkal bodoh.. ๐Ÿ™‚

  20. wah… mo ikutan lari ah. coman habis subuh paling asyik emang balik ke bantal dan guling. hoaahhhmmm…..

    memang susah merubah kebiasaan, apalagi kebiasaan yang nikmat2.. ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: