Orang Amerika gak Suka Hollywood?

Bekerja di LSM ada enaknya, setidaknya pernah ketemu bule lalu ngobrol seadanya sesuai apa yang bisa dimengerti telinga lalu mencocok-cocokkan dengan vocabulary minimal yang ada di kepala. Kebetulan tempat kursus bahasa Inggris ku disambangi dua volunteer dari Negeri Uncle Sam, Charles, seorang dokter bedah berusia 70 tahun dan Leigh, perawat yang sudah punya dua anak bersuamikan seorang pemain drum. Aku tahu setelah Leigh menunjukkan foto-foto keluarganya. keduanya mampir ke Meulaboh karena mereka dulu awal tsunami sudah memberikan jasa-jasanya membantu korban tsunami di Meulaboh, tepatnya di kawasan Suak Timah.

Aku bertanya mengenai Amerika bagi orang Amerika sendiri kepada dua volunteer kemanusiaan itu. Yang menarik perhatianku saat keduanya – tidak dengan bersamaan – mengatakan mereka melarang keluarganya (anak-anaknya) menonton televisi dan bermain Play Station. Menonton TV dan Playstation adalah racun bagi perkembangan psikologis dan penyebab tumpulnya kreativitas anak.

Mereka mengatakan, apa yang tersaji dari aksi ‘binatang-bintang’ hollywood bukanlah realita. Penuh kebohongan dan memiliki misi yang tidak jelas. “Saya tidak tahu mengapa hollywood seperti itu.” Ujar Leigh. Ia mengaku tidak berdarah Perancis. Leigh disebutnya nama yang identik dengan negara Prancis.

Seperti halnya dengan Playstation. Game yang digandrungi anak-anak hingga orang dewasa di Indonesia ternyata dianggap sebagai pembunuh kreativitas. “Anak-anak akan miskin pengalaman dan tidak kreatif jika mereka hanya duduk, memencet stick berjam-jam hingga lupa waktu.” Leigh mencontohkan salahsatu game PS bermain sky. “Anak-anak tidak akan tahu bagaimana sebenarnya bermain sky, beratnya medan yang dilalui, dan bagaimana rasanya saat tergelincir jika mereka melakukannya di game.” Menurutnya yang paling baik adalah mengenalkan anak-anak tersebut secara langsung. “Silahkan kamu hiking, bermain sky, atau bermain bola. Itu lebih berarti dari pada bermain playstation.” Karena itulah ia sangat protective menjaga anak-anaknya dari televisi dan playstation.

Kalo ada orang asing yang paling aku suka. Adalah Charles dan Leigh orangnya. Benar-benar jujur…

3 Tanggapan

  1. wah, aktif di lsm mana??? kayaknya menarik..

  2. Sekarang di LSM yang concern di isu perlindungan anak, markasnya di Meulaboh, tau nggak Ma… Maen ya kesana. Pantainya asyik lo, walau tak seindah Pantai Kuta, tapi cukuplah untuk tempat menggali inspirasi.

  3. kayaknya seru deh. alma sekarang aktif di lsm buat kesehatan reproduksi remaja. cita-cita sih pengen aktif di lsm untuk anak dan perempuan kalau udah gede. doakan ya! pengen nyoba juga nih ke kalimantan, lombok, atau nias.

    kapan-kapan main ke sana deh, kalo ada yang mau ngebayarin. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: